Beranda Daerah Penggunaan Anggaran Dana Desa Lubuk Benteng, Kabupaten Bungo Diduga Jadi Bancakan Oknum

Penggunaan Anggaran Dana Desa Lubuk Benteng, Kabupaten Bungo Diduga Jadi Bancakan Oknum

306
0
RSUD Tobelo

Muara Bungo, Jambi

Program Pemerintah Pusat melalui Kementrian Desa untuk membangun desa-desa di seluruh nusantara telah menghabiskan anggaran negara mencapai triliunan rupiah. Tujuannya agar tidak ada lagi yang disebut daerah tertinggal atau daerah terpencil, tidak tersentuh pembangunan.

Salah satu desa di Propinsi Jambi, Kabupaten Bungo, Kecamatan Batin III, Desa/Dusun Lubuk Benteng, mengalokasikan anggaran sebesar Rp 84 juta untuk pembangunan jembatan,yang melintasi saluran irigasi di desa tersebut.

Menurut Kades Lubuk Benteng, Hairul, pembangunan jembatan yang melintasi irigasi air persawahan di dusun tersebut menelan biaya sebesar Rp 84 juta, namun anggaran tersebut masih tersisa sekitar Rp 24 juta dan telah dikembalikan ke kas desa/siltap. Artinya hanya terpakai Rp 60 juta, dengan rincian untuk upah pekerja selama 10hari, Rp 15 juta, material + konsultan, Rp 45 juta.

Dari hasil monitoring dan taksasi pembiayaan awak media, pembangunan jembatan dengan volume 6 m X 2.5 m cukup fantastis, di lokasi proyek juga didapati tidak ada papan nama kegiatan.   Senada dengan tanggapan salah satu warga, yang namanya tidak bersedia dipublish, menganggap anggaran sebesar Rp 60 juta untuk ukuran jembatan tersebut terbilang mahal. (Ruslan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here