Beranda Polda 206 Siswa Ikuti Pendidikan Pembentukan Bintara (DIKTUKBA) Polri Angkatan I ...

206 Siswa Ikuti Pendidikan Pembentukan Bintara (DIKTUKBA) Polri Angkatan I 2022 Di SPN Sofifi

79
0

Sofifi, Malut

Sebanyak 206 Siswa mengikuti Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri gelombang I (pertama) tahun 2022, di Sekolah Polisi Negara (SPN) Sofifi Provinsi Maluku Utara, yang dibuka secara resmi oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Utara Brigjen Risyapudin, S.I.K., MH., Selasa (8/2/2022) Pukul 09.15 Wita.

Pada upacara tersebut, Kapolda Maluku Utara Brigjen Risyapudin, S.I.K., MH., membacakan sambutan Kepala Lembaga pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri. Kapolda Maluku Utara menyampaikan bahwa sebagai siswa bintara polri yang ditempatkan di masing-masing SPN untuk dilatih dan dididik menjadi anggota Polri tahun anggaran 2022 gelombang pertama.
Program pendidikan pembentukan Bintara dan Tamtama Polri tahun anggaran 2022 akan diselesaikan dalam dua gelombang, lama pendidikan setiap gelombang selama lima bulan yaitu gelombang pertama pada hari ini diselenggrakan serentak di semua Pusdik brimob, Pusdik Polair, Lemdiklat Polri, serta 29 Sekolah Polisi Negara yang tersebar di Polda dengan jumlah peserta didik sebanyak 11.175 orang, terdiri dari Diktub Bintara pria sebanyak 10. 228 orang, Diktub Bintara wanita sebanyak 307 orang, ditambahkan Diktub Tamtama yang terdiri dari Tamtama Brimob sebanyak 1614 orang, dan Tamtama Polair sebanyak 140 orang.

Sesuai dengan kebijakan Kapolri dalam transformasi Polri yang presisi, pendidikan menjadi aspek penting dalam siapkan SDM Polri yang unggul di era 4.0 yang mampu menjawab tantangan pentingnya di era digitalisasi serta tuntutan pelayanan masyarakat yang semakin tinggi dari keluarga. Oleh karena itu, pendidikan pembentukan ini penting, karena bintara dan tamtama diktukba merupakan garda terdepan dalam memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan pada masyarakat .
Proses pendidikannya yang singkat ini harus diraih secara baik dan benar, dan harus diutamakan kualitas dan pendidikan polisi lebih kepada kegiatan kerja lapangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipedomani dan dilaksanakan, diantaranya:
1. Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa,
2. Selalu disiplin dan patuhi protokol kesehatan, jangan lengah, jangan kendor guna mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan kampus Polri,
3. Ikuti semua proses pendidikan, dan tekun, penuh semangat dan riang gembira, serta tanamkan tekad memotivasi yang kuat bahwa selama berada di lokasi pendidikan adalah untuk benar-benar berlatih dan menimbah ilmu,
4. Persiapkan fisik dan mental selama mengikuti pendidikan, mencari pelajaran sebaik apapun, dan patuhi seluruh peraturan, serta ketentuan yang sudah diterapkan oleh lembaga, sehingga para siswa selesaikan pendidikan dengan baik dan lancar,.
5. Bangun komunikasi yang interaktif dan kontruktif sesama peserta didik, dengan pendidik, pelatih, pengasuh, serta seluruh unsur pelaksana pendidikan, sehingga dapat terjalin hubungan yang solid dan harmonis.

Kepada para siswa sekalian selamat menempuh pendidikan sambil belajar dan berlatih, tetap senantiasa disiplin terapkan protokol kesehatan, jangan lengah, dan jangan kendor karena pendidikan ini dilakukan masih pandemi Covid-19.

Hal ini di sampaikan oleh Pembina Pengasuh di SPN Sififi AKP Ayub Patty kepada Media Bhayangkara Utama, melalui rilisnya, Selasa (8/2/2022). Ayub juga menambahkan bahwa turut hadir pada upacara pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri gelombang I (satu) tahun 2022 diataranya Kepala Sekolah (SPN) Kombes Pol. Guno Prjoyo, S.I.K., MH., Wakil Kepala Sekolah (SPN)
Kompol Ir. D. Patiyasina, ST., MT., Pejabat utama Polda, Kapolres Kota Tidore kepulauan, AKBP Johanes Jalung, S.I.K., Sekprov Malut Drs. Samsudin A. Kadir, Pejabat Utama, Korem 152 Babullah, Danlanal serta instruktur, pengasuh dan pembina SPN Sofifi. (Roby Pangemanan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here