Beranda Angkatan Darat 235 Calon Tamtama TNI Ikuti Pembinaan Pra Tes Di Makodim 1602 Ende

235 Calon Tamtama TNI Ikuti Pembinaan Pra Tes Di Makodim 1602 Ende

406
0

Sebanyak 235 Calon Tamtama TNI Gelombang  l (Pertama) Tahun 2020 mengikuti tes awal di Makodim 1602 Ende. Para calon tamtama TNI tersebut siap dilatih oleh Kodim 1602 Ende agar lebih siap untuk mengikuti seleksi.

Ende, NTT | Persiapan Pra Seleksi yang dilakukan yaitu berupa latihan fisik dan mental yang diberikan kepada para pemuda yang berminat mendaftarkan diri untuk menjadi prajurit TNI.

Dandim 1602 Ende, Letkol Inf. Mochamad Fuad Suparlin, kepada wartawan di Makodim 1602 Ende, mengatakan untuk ketiga kalinya Kodim 1602 Ende melaksanakan pembinaan kepada para pemuda calon prajurit yang berniat mengikuti seleksi Calon Tamtama dan Bintara, Rabu, (29/01/2020).

Dirinya berharap, Pembinaan yang diberikan ini dapat memberi dampak positif bagi kesiapan calon prajurit dari Kabupaten Ende baik secara fisik maupun mental.

“Pembinaan yang dilakukan, merupakan bekal awal bagi anak-anak muda di Kabupaten Ende. Kita inginkan hasil yang baik. Generasi ini kita buka pemikiran posistifnya agar memiliki semangat bersaing dengan para pemuda dari daerah lain untuk menjadi prajurit TNI,” ungkap Fuad.

Dijelaskannya, Penerimaan Calon Tamtama tahun 2020 akan dilaksanakan sebanyak dua kali, yakni gelombang  I (Pertama) pada bulan Maret dan gelombang II (Kedua) akan dilaksanakan sekitar bulan Oktober. Sementara untuk Calon Bintara seleksi akan dilaksanakan pada bulan Juli.

Lebih jauh, Dandim M. Fuad, Menegaskan kegiatan pembinaan pra seleksi ini merupakan salah satu cara untuk menciptakan kader penerus dari Ende untuk menjadi Prajurit TNI, karena selama ini masyarakat asli Ende yang menjadi Prajurit TNI jumlahnya masih sedikit.

Dalam kegiatan pembinaan, Kodim1602 Ende juga mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Ende, dengan menugaskan dokter untuk melakukan pengecekan fisik bagi calon Tamtama TNI yang siap untuk mengikuti pembinaan pra tes tersebut.

Pihaknya juga akui bahwa, Masyarakat asli Ende yang menjadi Prajurit TNI belum sampai di angka 200 orang, dari kurang lebih 280 ribu jumlah penduduk Kabupaten Ende.  Melihat hal ini, Kodim 1602 Ende menjadi yang pertama dan sebagai pelopor pelaksanaan kegiatan pembinaan pra seleksi sehingga Kodim lain juga mulai menerapkan hal yang sama seperti Kodim Sikka, Kodim Flores Timur dan Kodim TTU.

Meskipun demikian  secara global dan permanen melakukan latihan selama kurang lebih 2 bulan sampai 3 bulan hanya di Kodim 1602 Ende.

Dandim Ende mengatakan, untuk saat ini pemuda Kababupaten Ende yang sudah berminat mendaftar seleksi Calon Tamtama dan mengikuti pembinaan fisik dan mental gelombang  I ( Pertama ) sebanyak 235 orang. Diharapkan ke depannya jumlah ini masih terus bertambah agar semakin banyak warga Kabupaten Ende yang dapat berhasil menjadi prajurit TNI.

Dandim Ende juga menyampaikan bahwa pada seleksi sebelumnya sebanyak 36 orang telah lolos seleksi Bintara dan 49 orang lolos seleksi Tamtama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here