Beranda Bhayangkara Amankan PSU Halut, Kapolda Maluku Utara Ingatkan Anggota Polri Jaga Netralitas

Amankan PSU Halut, Kapolda Maluku Utara Ingatkan Anggota Polri Jaga Netralitas

21
0

Tobelo Halut

Dalam rangka menjamin keamanan dan kelancaran pelaksanaan pemungutan suara ulang pilkada di Kabupaten Halmahera Utara, Kapolda Maluku Utara, Irjen Pol. Risyapudin Nursin, S.I.K., memimpin langsung Apel Gelar Pasukan, bertempat di Polres Halmahera Utara, Jumat (09/04/2021).

Dihadapan anggota personil yang hadir dakam apel pasukan pengamanan Pemilihan Suara Ulang (PSU), Kapolda Maluku Utara, Risyapusin menyampaikan bahwa apel gelar pasukan yang dilaksanakan ini untuk mengecek kelengkapan personil dan peralatan serta sarana prasarana lainnya yang akan digunakan dalam pengamanan pemungutan suara ulang (PSU) di Kabupaten Halmahera Utara pada 28 April 2021 nantinya sesuai dengan jadwal dari KPUD Kabupaten Halut.

“Guna menjamin stabilitas Kamtibmas selama proses PSU, Polri siap mengamankan PSU mengedepankan tindakan Preemtif dan Preventif yang didukung kegiatan intelejen maupun penegakan hukum, guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya kontijensi,” ucap Kapolda Maluku Utara.

“Saya tekankan kepada setiap Personil Polri untuk dipedomani dan dilaksanakan diantaranya yaitu, menyiapkan mental dan fisik, memetakan setiap kerawanan serta lakukan deteksi dini, tingkatkan hubungan yang baik dengan KPUD, Bawaslu serta unsur lainnya, tingkatkan kewaspadaan terhadap potensi ancaman yang memanfaatkan momen PSU, kemudian lakukan pengawasan serta pengendalian secara melekat terhadap pelaksanaan pengamanan pemilu dan tentunya selalu menerapkan Protokol Kesehatan karena mengingat situasi masih dalam Pandemi Covid-19,” pungkasnya.

“Kepada seluruh personil Polri, saya juga mengingatkan untuk menjaga Netralitas dalam pelaksanaan pengamanan PSU,” tegas Kapolda.

Tambahnya, “Marilah kita jadikan apel gelar pasukan ini untuk membangun kerjasama Polri bersama unsur stakeholder terkait dalam mensukseskan PSU yang Jujur, Adil, Bebas dan Rahasia guna memilih pemimpin yang terbaik dan tidak KKN”.

Personil terlibat dalam pelaksanaan apel gelar pasukan ini terdiri dari 1 Peleton Personil Kodim 1508/Tobelo, 1 Peleton Kompi C 732/Banau, 1 Peleton Brimob Kupa-kupa, 1 Peleton Dalmas, 1 Peleton Dalmas kerangka Polres, 40 Personil PAM TPS, 1 Peleton Satpol PP, 10 Orang dari Dishub, dan 10 Orang Linmas, serta dihadiri oleh segenap unsur TNI-Polri, Pemda, KPUD dan Bawaslu Kabupaten Halut serta Instansi Terkait. (Roby Pangemanan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here