Beranda Daerah Sebanyak 77.357 KPM Warga Ciamis Menerima Bansos Provinsi Jabar

Sebanyak 77.357 KPM Warga Ciamis Menerima Bansos Provinsi Jabar

198
0
RSUD Tobelo

Bhayangkarautama.Com

Sebagian masyarakat kabupaten Ciamis penerima bantuan sosial (Bansos) Provinsi Jawa Barat tahap III telah menerima alokasi bantuan provinsi.

Bansos Jabar tahap III disalurkan kepada kepada masyarakat kabupaten Ciamis sebanyak 77.357 keluarga penerima manfaat (KPM).

HUT Bahayangkara

Hal tersebut di ungkapkan oleh Kepala Dinas Sosial dalam hal ini melalui Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial, Keluarga Miskin, Keperintisan, Kepahlawanan dan Komunitas Adat, Riyanto saat media ini mewawancarai melalui sambungan selulernya,Jum’at(13/11/2020).

Di katakan Riyanto,jumlah tersebut berawal di ajukan dan di kirim oleh pihak RW yang ada didesa melalui aplikasi sapa warga sedangkan Dinas Sosial kabupaten Ciamis
menerima BNBA yang ada,berdasarkan SK gubernur tentang penetapan penerima bansos provinsi.

Bantuan tersebut di salurkan melalui Pos dan Giro Ciamis sebanyak 50.626 KPM dan sisa pengelolaanya melalui Pos dan Giro kota Banjar,”tuturnya.

Ia menuturkan,bantuan tersebut berawal 500 ribu terdiri dari uang non tunai senilai 350 ribu berupa paket sembako dan 150 ribu berupa uang tunai.

Akan tetapi, karena adanya kebijakan baru, penyaluran bansos Jabar tahap III ini berjumlah 350 ribu terdiri dari uang tunai 100 ribu dan sisanya 250 ribu berupa paket sembako,”tandasnya.

Ia berharap masyarakat penerima bantuan dapat memanpaatkan dengan sebaik baiknya serta ia mengimbau kepada masyarakat di saat pandemi covid-19 mewabah negeri ini termasuk di kabupaten Ciamis, untuk selalu mentaati protokol Covid dengan mempedomani 3M dan 1T hal tersebut untuk mencegah peyebaran coronvirus di tatar galuh ciamis,”tutunya.

Saat di tanya terkait satu komoditi yang berjamur atau di duga tidak layak di konsumsi,
Ia mengatakan telah menerima informasi tersebut dan itu kewenangannya ada dipihak provinsi jabar untuk menindaklanjutinya,”tegasnya.

Hal senada di ungkapkan kordinator Pendistribusian bantuan Pos dan Giro Ari Farhan di ruang kerjanya,Jum’at(13/11).

Ia menjelaskan Pos dan Giro Kabupaten Ciamis bertugas sebagai pendistribusi bantuan kepada masyarakat.

Adapun warga Ciamis penerima bantuan banprov sebanyak 77.357 KPM.
Dari 77.357 KPM,Pos Ciamis mendistribusikan 50.656 KPM sedangkan sisanya itu pengelolaan pendistribusian di salurkan melalui Pos dan Giro Kota Banjar,”terangnya.

Ia menegaskan tugas dan wewenang kami di penyaluran saja,adapun isi bantuan komoditi kami tidak mengetahuinya karena bantuan tersebut tertutup rapi, sudah di paching rapi dan di segel,”tuturnya.

Di tempat terpisah,Kamis(12/11)
Titin(42) RT 13 RW 04 Dusun Cimamut Desa Mekarjaya salah satu warga penerima bantuan bansos saat di mintai keterangannya mengatakan Syukur Alhamdulilah Ia menerima bantuan paket sembako beserta uang 100 ribu dari bantuan bansos propinsi dan yang sekarang ketiga kalinya.

Bantuan tersebut sangat bermanpaat bagi keluarganya di saat pandemi covid mewabah,ekonomi keluarga sangat terdampak dan dengan adanya bantuan tersebut sedikit meringankan beban hidupnya.

Saat di tanya isi paket sembako
Ia mengatakan selain uang tunai, ia menerima paket sembako, adapun isi paket masih di bungkus dan di segel belum di buka,namun ia menuturkan yang sudah sudah biasanya, beras, sarden,kornet,susu,minyak dan gula pasir,”singkatnya.

Jurnalis
Muhamad Rifai

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here