Beranda Liputan Khusus 8 Jalan Paling Berbahaya di Dunia, Ada yang Punya 99 Tikungan Tajam

8 Jalan Paling Berbahaya di Dunia, Ada yang Punya 99 Tikungan Tajam

43
0

Bhayangkarautama.com.

Sebagian besar jalanan yang ada di dunia tak semuanya mulus dan aman untuk dilewati.

Ada banyak jalan yang tersebar di berbagai negara punya jalur yang sangat ekstrem. Bahkan, beberapa mengakibatkan jatuhnya korban jiwa yang tak sedikit.

Berikut ini adalah daftar jalan paling berbahaya di dunia yang dikutip dari Reader’s Digest, Kamis (3/3/2022).

1. Col du Chaussy, Perancis
Ada sebuah jalan di Col du Chaussy, Perancis yang berada di ketinggian 1.532 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Jalan di wilayah Rhône-Alpes tenggara Perancis ini berada di celah gunung tinggi yang terkenal dengan nama Les Lacets de Montvernier.

Panjang jalannya hanya sekitar 2 mil atau 3 kilometer (km), tetapi memiliki 17 tikungan tajam yang berbahaya.

Terdapat penghalang beton kecil saat zig-zag ke atas, tetapi meski sangat indah tetap saja jalan ini masuk ke dalam daftar jalan paling berbahaya di dunia.

2. Taroko Gorge Road, Taiwan
Sebagai jalan dengan terowongan yang dipahat dari gunung, Taroko Gorge Road adalah salah satu jalan paling berbahaya di dunia.

Jalan dengan panjang 12 mil atau sekitar 19 km yang populer di Taiwan ini sangat sempit, membuat seseorang harus saling berbagi jalan dengan pengendara lain agar bisa lewat.

Selain sempit, tikungannya juga tajam dan menakutkan. Terlebihm ada sejumlah sudut buta yang sangat berbahaya jika dilewati oleh pengendara yang tak berhati-hati.

Jika melewati jalan ini pastikan cuacanya sedang cerah, karena saat hujan akan rawan longsor, banjir dan rawan bebatuan jatuh, sehingga beberapa titik tak bisa dilewati.

3. Bayburt-of Road D915, Turki
Bagi orang yang takut dengan tanah longsor dan menderita vertigo, disarankan untuk menghindari jalan Bayburt-of Road D915 di Turki.

Jalan ini terletak di perbatasan wilayah Laut Hitam di timur laut Turki dan termasuk kawasan yang ekstrem. Bisa dibilang ekstrem karena sebagian jalan tak punya pagar pembatas dengan jurang yang dalam.

Hanya pengemudi professional saja yang berani melewati jalan ini, meski jika dilihat dari foto tampak sangat indah.

Bagian paling ikonik dari Bayburt-of Road dikenal dengan nama Derebaşı Turns yang punya 13 tanjakan dan membuat pengendara harus mendaki dari ketinggian 1.712 mdpl ke 2.035 mdpl.

Untuk naik ke ketinggian tersebut, jaraknya juga sangat pendek sekitar 4,8 km saja dengan sebagaian besar rute hanya berisi tanjakan.

4. Kahekili Highway, Hawaii
Selanjutnya jalan lainnya yang bisa disebut ekstrem adalah Jalan Raya Kahekili yang ada di Hawai. Jalan dengan panjang sekitar 32 km itu berada di tebing yang curam dan hanya punya pembatas batu.

Walaupun jalannya terlihat menakjubkan, tetap saja pengendara akan merasa ketakutan dan gugup untuk melewati jalan ini dari Kapalua ke Wailuku.

Jalan Raya Kahekili yang legendaris ini dikenal sebagai jalan dengan lorong sempit dan punya banyak tikungan yang berkelok.

5. Sichuan-Tibet Highway, China
Jalan Raya Sichuan yang ada di Tibet diketahui punya ancaman longsoran salju, batu, dan tanah yang tak pernah reda.

Tak cukup jadi jalan yang rawan longsor, jalan ini juga punya tikungan berbahaya di tebing dan rute yang berkelok untuk sampai puncak.

Jalan dengan panjang 2.140 km ini menghubungkan Tibet dan China, serta punya data kematian yang sangat mengejutkan. Dari setiap 1.000 orang yang lewat, ada sekitar 75 kematian yang terjadi di Jalan Raya Sichuan ini.

Diketahui bahwa jalan ini dibangun pada tahun 1950-an dan berada di ketinggian hampir 3 mil atau 4 km di atas permukaan laut.

Bagi yang ingin melewati jalan ini disarankan untuk membaca atau mencari informasi mengenai tips berkendara lebih dulu.

6. 99-Bend Road to Heaven, China
Ada banyak tikungan yang harus dilalui pengendara jika melewati jalan yang punya panjang sekitar 11 km ini. Sesuai namanya yang unik, total ada 99 tikungan tajam yang harus dilewati di 99-Bend Road to Heaven.

Jalan yang masih berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Tianmen China ini dibangun diketinggian 1.158 mdpl dan banyak jurang di kanan kirinya.

Meski bisa dilalui dalam waktu 10 menitan dengan kendaraan, jalan ini pantas masuk ke dalam jalan paling berbahaya di dunia.

7. Dalton Highway, Alaska
Ada lagi jalan yang disebut sebagai jalan paling berbahaya dan terisolasi di dunia, yakni Jalan Raya Dalton di Alaskan. Jalan yang dibangun pada 1974 ini dulunya dijadikan rute untuk pasokan Sistem Pipa Trans-Alaska.

Sepanjang perjalanan sejauh 666 km, pengendara disarankan membawa banyak bekal karena hanya ada tiga kota yang dilewati, salah satunya adalah Kota Deadhorse.

Hal buruk lainnya adalah ada banyak jalan yang sudah rusak dan menjadi jalan terpanjang di Amerika Utara tanpa punya pelayanan apa pun di pinggir jalannya.

8. Jalan Atlantik, Norwegia
Jalan yang punya bentuk seperti pita memutar dari beton di pinggir pantai memang terlihat indah.

Namun, keindahannya malah membuat jalan ini masuk ke daftar jalan paling berbahaya di Norwegia.

Jika ada yang melewati jalan ini, pengendara akan merasakan seperti sedang naik roller coaster, itu karena adanya tikungan tajam dan lekukan jalan.

Saat cuaca menjadi buruk, pengendara akan merasakan seakan dikelilingi tembok air dengan suara gemuruh yang secara teratur terdengar menabrak pembatas jalan. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here