Beranda Daerah Ada Apa  Gerangan Dengan Seksi PenMad Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi ???

Ada Apa  Gerangan Dengan Seksi PenMad Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi ???

1095
0
Selamat Hari Jadi Kabupaten Sukabumi Yang Ke -151

Diduga Adanya Dualisme SK Kepemimpinan Untuk Jabatan Kepala Madrasah Aliyah Nurul Islam. Peralihan SK Kepemimpinan untuk Kepala Madrasah Aliyah Nurul Islam atas nama Nur Alipullah, yang dikeluarkan Seksi Penmad dan ditandatangani oleh Kasie Pendidikan Madrasah (PenMad) Kantor Kemenag, Kabupaten Sukabumi H. Oja Chaerul Syam, dipertanyakan sejumlah pihak.

Sukabumi | Pasalnya, Diketahui sebelumnya Kepala MA Nurul Islam yang beralamat di jalan H.Ajid KM 1 Margaluyu Ds.Cimaja Kec.Cikakak Kabupaten Sukabumi itu, dipimpin oleh Sdri. Neneng Tanti Hermawati dengan SK Kepemimpinan yang ditandatangani oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi Drs. H Abas Resmana.

Namun, sepertinya SK Kepemimpinan atas nama sdri. Neneng Tanti Hermawati yang ditanda tangan oleh orang nomer satu di Kantor Kemenag Kabupaten Sukabumi, dengan masa ijin memimpin hingga tahun 2023 tersebut, tidak berlaku bagi pemilik yayasan dan Seksi PenMad.

Bahkan diduga SK Kepemimpinan yang di tanda tangan oleh Drs.H Abas Resmana tersebut tidak diindahkan oleh Kepala Seksi Penmad dan Ketua Yayasan, dan terkesan dianggap tidak sah. Hingga muncul SK Kepemimpinan yang di tanda tangan oleh Kasi PenMad untuk sdr.Nur Alipulloh S, Pd.I sebagai KaMad Aliyah Nurul Islam yang baru.

Hal itu, tentunya mengundang reaksi dari sdri. Neneng Tanti Hermawati selaku KaMad pemegang SK kepemimpinan yang sah, Lalu mempertanyakan terkait peralihan jabatan Kamad MA Nurul Islam ke pihak yayasan dan Seksi PenMad, yang dianggapnya bahwa peralihan tersebut secara sepihak.

Menurut Neneng, saat dimintai keterangannya mengungkapkan, Peralihan jabatan Ka Mad dengan SK Kepemimpinan yang ditandatangani oleh Kasie Pen Mad, dengan alasan usulan dari ketua yayasan tersebut bukan atas hasil musyawarah yang dilakukan sebelumnya. Minggu, (12/04/20).

“Peralihan jabatan KaMad yang diusulkan Ketua yayasan tersebut bukan hasil musyawarah namun secara sepihak,” Ungkapnya.

Lalu Ia, mempertanyakan terkait legalitas SK Kepemimpinan untuk jabatan KaMad Aliyah Nurul Islam yang baru An. Nur Alipulloh, yang ditanda tangani oleh Kasi PenMad. Diakuinya yang berhak mengeluarkan dan menanda tangani SK Kepemimpinan yaitu Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sukabumi.

“Apabila mengacu kepada prosedur, seharusnya SK Kepemimpinan yang sah untuk menduduki posisi /Jabatan Kamad ditandatangani oleh Kepala Kemenag, atas usulan ketua yayasan yang direkomendasi oleh kepala seksi,” Ujar Neneng.

Lebih lanjut, Neneng, menyesalkan adanya peralihan jabatan KaMad secara sepihak tersebut, bahkan seolah-olah tidak menghargai Jabatan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi. Dan diakuinya, akibat dari peralihan jabatan secara sepihak tersebut, dalam daftar PTK namanya sempat menghilang, namun kemudian muncul kembali dengan posisi jabatan sudah berganti dari KaMad menjadi Wakil Kamad

“Dengan dikeluarkannya SK Kepemimpinan yang ditanda tangani Kasi Penmad, Seolah-olah Posisi dan jabatan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sukabumi tidak dihargai. Saya sangat menyayang kan hal tersebut kenapa bisa terjadi ?,” Sesalnya.

Ketika hal ini dikonfirmasikan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi di kediamannya, beliau menyesalkan terkait permaslahan tersebut, Sabtu, (18/04/2020).

“Yang berhak menanda tangani SK Kepimpinan adalah Kepala Kantor, dengan dasar usulan dari yayasan yang direkomendasi Kepala seksi,” Ujar H. Abas Resmana.

Selanjutnya, Ia mengatakan, “Akan segera menindaklanjuti permasalahan tersebut, dengan menginstruksikan kepada stafnya atas nama Khodijah yang secara kebetulan saat itu sedang berada dikediamannya, untuk segera membuat surat klarifikasi terkait permasalahan tersebut yang ditujukan kepada pihak yayasan,” tegasnya.

“Saya akan segera menginstruksikan kepada staf agar segera membuat surat klarifikasi dan ditujukan kepada ketua yayasan bahwa SK kepemimpinan yang sah itu di tanda tangan oleh kepala kantor bukan kepala seksi,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala seksi Penmad H. Oja Chaerul Syam yang hendak dikonfirmasi dikediamannya terkait SK Kepemimpinan yang ditandatangani olehnya, terkesan tidak berkenan dengan kedatangan rekan media terlihat dari raut wajahnya, Sabtu, (18/04/2020).

Hal tersebut, akhirnya mendapat sorotan dari Ketua BARETA Kecamatan Cikakak dan juga sebagai pemerhati penyelenggaraan pendidikan di wilayah Pelabuhannratu, Sebut saja Kang Ryan, saat dimintai tanggapannya mengatakan, “Seharusnya Seksi PenMad selaku pelayan publik dalam bidang pendidikan pada Kantor Kemenag Kab. Sukabumi bersikap profesional dalam memberikan pelayanan,” tegasnya

Dalam melakukan pelayanan seharusnya seksi PenMad bersikap profesional dengan mengutamakan pelayanan prima tanpa embel-embel kutipan dalam bentuk apapun, seperti motto Kementerian Agama “IKHLAS BERAMAL”

Reporter : Junaedi Tanjung 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here