Beranda Daerah Akibat Intensitas Hujan Tinggi, Lima Desa Di Kecamatan  Kao Barat Terendam Banjir

Akibat Intensitas Hujan Tinggi, Lima Desa Di Kecamatan  Kao Barat Terendam Banjir

93
0
Selamat Hari Jadi Kabupaten Sukabumi Yang Ke -151

Tobelo, Halut

Hujan lebat yang terjadi hari Sabtu (16/01/2021), mengakibatkan lima desa di Kecamatan Kao Barat, Kabupaten Halmahera Utara, Prov. Maluku Utara, terendam banjir. Lima desa yang terdampak  banjir  yakni Desa Somahotek, Desa Bailangit, Desa Tiguis Parseba, Desa Pitago dan Desa Soa Hukum.

Pj. Sekda Halut, Judihard Noya, menuturkan intensitas hujan cukup tinggi tersebut mengakibatkan kurang lebih 495 Kepala Keluarga (KK) diungsikan ke tempat aman yaitu desa-desa tetangga.
Lanjut Nani (sapaan akrab) ketinggian air rata-rata diatas pinggang orang dewasa, kurang lebih 80 cm sampai 1 meter. Sehingga langkah antisipasi telah kami lakukan bersama pemda dan tim SAR Nasional Halut, mengevakuasi warga yang terjebak dalam rumah mereka. Sampai sejauh ini tidak ada korban jiwa, namun hewan  piaraan dan tanaman menjadi korban akibat terbawa arus banjir tersebut.

Pemda Halut, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halut bersama tim SAR, saat ini melakukan siaga, kalau-kalau masih ada banjir susulan, mengingat intensitas hujan masih cukup tinggi.
“Untuk bantuan, kami sementara menyiapkan makanan siap saji, setelah itu pasti ada posko-posko yang dibangun untuk mempermudah evakuasi maupun pendistribusian bantuan untuk makan minum kepada warga di tempat pengungsian,” jelas Nani. (Roby Pangemanan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here