Beranda Patroli Aksi Humanis Anggota Polres Purwakarta Saat Patroli Di Objek Wisata

Aksi Humanis Anggota Polres Purwakarta Saat Patroli Di Objek Wisata

15
0

Purwakarta, Jabar

Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta, Jawa Barat dalam rangkaian operasi Ketupat Lodaya 2022 mengintensifkan sosialisasi keliling kepada para wisatawan untuk mematuhi protokol kesehatan di sejumlah objek wisata.

Seperti yang dilakukan di Objek Wisata Jatiluhur, anggota Polres Purwakarta lakukan patroli dalam rangka memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat yang tengah berwisata.

Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto melalui Kesat Polair Polres Purwakarta, AKP Jajang Sukandar menuturkan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka memberikan pelayanan dan pencegahan penyebaran Covid-19 serta sebagai langkah Polri dalam percepatan penanganan wabah virus Corona.

“Sambil patroli, para wisatawan kami ingatkan agar tidak abai mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya mengantisipasi penularan Covid-19. Kegiatan ini juga guna memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat dengan mengedepankan sikap santun dan humanis,” ucap Jajang, pada Kamis (5/5/2022).
Menurut dia, pada saat libur lebaran ini berpotensi terjadinya kerumunan di sejumlah titik keramaian seperti di objek wisata.

“Oleh karena itu, kami secara humanis melakukan patroli ke objek wisata agar para pengunjung atau wisatawan tetap mematuhi protokol kesehatan dan disiplin memakai masker,” katanya.

Selain melakukan kegiatan sosialisasi keliling imbauan prokes, kata dia, polisi mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Intensitas pengunjung di objek wisata Jatiluhur ini saat libur lebaran cukup meningkat sehingga mereka perlu kami ingatkan agar tetap mematuhi protokol kesehatan karena kasus Covid-19 belum selesai,” ungkap Jajang.

Disela-sela kegiatan patroli tersebut, Kasatpolair Polres Purwakarta, AKP Jajang Sukandar terlihat akrab berbincang akrab dengan salah satu anak pengunjung wisata yang mengenakan seragam polisi.
Dihadapan anak yang diketahui Aditya Noval Agustini itu, AKP Jajang memperkenalkan tugas polisi sebagai pelindung, pangayom, pelayan masyarakat. Hal itu disampaikan dengan bahasa sederhana dan metode sambil bercanda.

“Dengan metode ini nampak dari wajah anak itu yang tadinya menangis jadi ceria, sehingga tekadnya untuk menjadi Polisi terus tertanam di benaknya,” tutur Jajang.

Ditempat yang sama, salah pengunjung wisata Jatiluhur Andi Sadikun (52), mengatakan, dengan adanya kegiatan patroli yang dilakukan jajaran Polres Purwakarta ini menunjukkan bahwa nilai humanis Polri itu nyata.

“Kondisi inilah dapat mendekatkan polisi dengan rakyat, sehingga polisi juga akan mampu menjalankan tugasnya di tengah-tengah masyarakat dengan maksimal. Karena hal ini akan selalu membuat masyarakat merasa dekat dengan para aparat, dan ini tentunya akan membantu aparat juga dalam menjalankan tugasnya di tengah masyarakat,” ucap Kakek dari anak yang dihampiri Kasatpolair Polres Purwakarta, AKP Jajang.

Andi menambahkan, tadi juga cucunya yang sedang menangis saat didatangi Polisi langsung tersenyum dan ingin berfoto.

“Tadi kan cucu saya ingin berfoto sama pak Polisi, Alhamdulillah pak Polisinya bersedia. Yang dilakukan Pak Polisi ini sangat bagus, kelak saat dewasa, Cucu saya pasti dalam benaknya tertanam dan terus ingat akan pesan yang disampaikan Pak Polisi saat ini,” ujar Andi. (Jim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here