Beranda Daerah Alokasi Pupuk Bersubsidi TA 2021 Di Karo Sebanyak 34.687 Ton

Alokasi Pupuk Bersubsidi TA 2021 Di Karo Sebanyak 34.687 Ton

44
0
Ferinanta Sebayang, Kabid Sarpras Dinas Pertanian Kab. Karo, Sumut

Tanah Karo, Sumut

Alokasi pupuk bersubsidi untuk Kabupaten Karo tahun anggaran 2021 ada sebanyak 34. 687 ton. Dengan rincian pupuk urea sebanyak 16.747 ton, ZA 2.581 ton, ponska 2.220 ton, Sp 364.219 ton, dan petrogonik 2.920 ton.

Demikian dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Kabupaten Karo, Metehsa Purba diwakili Kepala Bidang (Kabid) Prasarana dan Sarana, Ferinanta Sebayang, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya di jalan Veteran Kabanjahe, Rabu (8/12/2021).

Dikatakan penyaluran pupuk bersubsidi itu dilakukan hanya melalui kelompok tani, jadi untuk mendapatkan pupuk bersubsidi harus menjadi anggota kelompok tani. Sementara bagi warga yang tidak terdaftar sebagai anggota kelompok tani yang membutuhkan pupuk terpaksa membeli pupuk non subsididi pasaran dengan harga komersial.

Lebih lanjut dikatakan, untuk mendapatkan jatah pupuk bersubsidi, kelompok tani juga harus membuat rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK) terlebih dulu dan mengusulkannya ke Dinas Pertanian Karo untuk diproses lebih lanjut.

Mengenai keanggotaan kelompok tani, Ferinanta Sebayang mengatakan bahwa seseorang boleh menjadi anggota kelompok tani diluar domisilinya/desa lain, tapi harus memiliki lahan pertanian dimana yang bersangkutan menjadi anggota kelompok tani.

Anggota kelompok tani mengambil pupuk bersubsidi di kios pengecer yang ditunjuk oleh distributor pupuk dengan menunjukkan KTP dan KK. Seorang anggota kelompok tani maksimal memiliki lahan pertanian seluas dua (2) Ha.

“Boleh saja seorang anggota kelompok tani memiliki lahan pertanian di lokasi yang berbeda, tapi tidak boleh lebih dari 2 ha,” ujar Ferinanta Sebayang menekankan.

Harga pupuk bersubsidi sesuai yang ditetapkan masing masing pupuk urea Rp 2250/kg, ZA Rp 1 700/kg, NPK/Ponska Rp2 300/kg, Sp 36 Rp 2 400 /kg, petrogonik Rp 800/kg. Demikian Ferinanta Sebayang mengakhiri penjelasannya. (Percaya Sembiring)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here