Beranda Daerah Ambrolnya Candi Tawangalun Di Desa Buncitan Sedati, Sidoarjo, Perlu Perhatian Dari Pemerintah

Ambrolnya Candi Tawangalun Di Desa Buncitan Sedati, Sidoarjo, Perlu Perhatian Dari Pemerintah

20
0

Sidoarjo, Jatim

Ada berbagai peninggalan bersejarah dari kerajaan Jenggala yang terdahulu, salah satunya adalah Candi Tawangalun namanya.

Candi yang terletak di Dukuh Kampung Baru, Desa Buncitan, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, merupakan salah satu peninggalan leluhur yang terbuat dari bahan dasar batu bata. Dahulu candi Tawangalun juga dikenal dengan sebutan Sumur Windu.

Ketika awak media mengambil dokumentasi, telah bertemu seorang juru kunci yang tidak mau disebutkan namanya, dengan inisial S, pada Senin (3/1/2022) telah memberikan keterangan bahwa ambrolnya candi tersebut terjadi pada tanggal 11 Oktober 2021 yang lalu.

“Tempat ini salah satunya adalah tempat religi yang ada disini,” ucapnya.

“Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, pemerintah Kabupaten Sidoarjo dan pemerintah setempat (Camat Sedati) juga sudah mendatangi lokasi untuk melihat kondisi candi tersebut,” jelasnya.

Pemerintah tetap akan memperhatikan Situs tersebut sebagai peninggalan bersejarah yang perlu dilestarikan, namun masih menunggu waktu yang tepat untuk memperbaiki atau membenahi puing-puing batu bata yang runtuh.

Tidak dipungkiri memang dengan bergulirnya waktu sekian ratus tahun bahkan ribuan tahun, bangunan candi tersebut telah dimakan waktu dan usia, namun kita semua sebagai anak bangsa harus ikut melestarikan dan menjaganya.

Keprihatinan awak media, merasa juga sebagai anak bangsa, hanya bisa berharap semoga pemerintah yang punya kewenangan segera menjadikan situs candi Tawangalun berdiri dengan cantik dan tidak kelihatan kerowak seperti ini.

Selama perbaikan nanti tidak merubah bentuk dan menggeser tempat, candi tawangalun akan tetap tampak seperti aslinya. (Soen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here