Beranda Daerah Aneh Bin Ajaib! Paket Proyek Dalam Tahap Proses, Di Lapangan Fisik Telah...

Aneh Bin Ajaib! Paket Proyek Dalam Tahap Proses, Di Lapangan Fisik Telah Selesai Dikerjakan.

191
0

Purwakarta, Jabar

Proyek penataan kuliner sate Maranggi yang berlokasi di lahan milik Perumka Kecamatan Plered, Kab. Purwakarta, Prov. Jawa Barat menjadi sorotan. Pasalnya, proses tender belum beres, nama paket Karya Bhakti Penataan Areal Kuliner Sate Maranggi Plered, Pengadaan Bahan Matrial, yang dianggarkan di APBD II Kabupaten Purwakarta Tahun Anggaran (TA) 2022, dengan nilai HPS paket Rp.514.345.937,02 pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Purwakarta, namun di lapangan sudah selesai dikerjakan.

Informasi yang berhasil dihimpun media ini, untuk pembuatan paket tertera pada pengumuman LPSE Kabupaten Purwakarta tertanggal 9 Mei 2022, dengan Kode Tender 9774667, sebagaimana tertulis dengan tahapan tender pengumuman pemenang tender, dari jumlah peserta 19 perusahaan, CV Fajar Anugrah sebagai pemenang.

Opik Sa’idi, pihak pemenang tender ketika dimintai konfirmasi terkait dengan paket tersebut mengakui, tidak mengetahui secara persis teknis pekerjaan, karena kata dia, perusahaan miliknya hanya dipinjam untuk proses di LPSE.

Ia mengakui kalau proses di LPSE paket Karya Bhakti Penataan Areal Kuliner Sate Maranggi Plered Pengadaan Bahan Matrial, memang dimenangkan oleh perusahaan miliknya, tapi soa teknis pekerjaan bukan olehnya.
“Dipinjem eta mah bang, mangga sareng pa Wahyu (itu dipinjam bang, silahkan dengan pa Wahyu) ,“ ujarnya, melalui sambungan WhatsApp, Selasa (17/5/2022).

Sementara, Wahyu yang disebut pihak pemenang tender ketika dimintai konfirmasi terkait dengan proyek tersebut melalui pesan WhatsApp yang diterima redaksi, hanya membalas ‘monitor dan terimakasih’.

Ditempat terpisah, Kabid Tata Ruang pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Purwakarta, Muchtar Radjasa, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya mengaku kalau proyek tersebut dikarya bhaktikan.

Dijelaskan, paket penataan ada beberapa item yakni pembangunan kios, pemasangan paving block, dan pembuatan saluran. Namun dia memilih diam ketika dimintai konfirmasi soal proses lebih awal pelaksaan dan hasil pekerjaan yang saat ini sudah selesai dikerjakan.

“Aduh no komen saya mah, mangga eta mah,“ kata Muchtar.

Camat Plered Tidak Mengetahui
Sementara Camat Plered, Asep Sendjaya ketika dimintai keterangan mengaku tidak mengetahui kalau ada rencana penataan areal sate maranggi yang sedang ditenderkan di bulan Mei 2022 ini. Yang dia ketahui, memang ada penataan kios yang dilaksanakan sekitar bulan februari 2022.

Menurutnya, penataan areal sate maranggi tersebut dibangun kios-kios dan pemasangan paving block. “Kalau tidak salah kios jumlahnya sekitar 50 an, dan kios tersebut diperuntukan untuk 50 pedagang yang tadinya berjualan di area parkir sate maranggi. Agar terlihat lebih tertata dan lebih indah, sehingga sesuai usulan bekerjasama dengan dinas terkait dalam hal ini Disperindagsar dan Tata Ruang, maka dilakukan penataan,” terangnya.

“Soal lain lain saya tidak mengetahuinya, silahkan menanyakan ke dinas terkait,“ katanya.

Dadang, seorang pedagang sate membenarkan kalau ada penataan kios baru yang peruntukkanya pedagang yang tadinya berjualan di area parkir sate maranggi. “Kalau ngak salah, jumlahnya ada sekitar 50 pedagang,” ucapnya.

Ia sampaikan, soal kios berbeda pengelolaanya, karena bukan dikelola dibawah paguyuban sate maranggi, karena beda jualanya. “Kalau pedagang sate ya ada mungkin 50 an. Penataan kios baru dibangun kalau nggak salah sebelum puasa,“ ujarnya.

Sampai berita ini masuk ke dapur redaksi, pihak LPSE Kabupaten Purwakarta belum berhasil dikonfirmasi terkait terjadinya proses tender, sementara pekerjaan fisik di lokasi telah selesai dikerjakan, bahkan telah ditempati para pedagang di Plered. (Jim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here