Beranda Wakil Rakyat Anggota DPR Apresiasi Penangkapan Terduga Pelaku Penembakan Dantim BAIS Di Pidie

Anggota DPR Apresiasi Penangkapan Terduga Pelaku Penembakan Dantim BAIS Di Pidie

38
0
M. Nasir Djamil, anggota Komisi III DPR RI

Jakarta

Anggota Komisi III DPR M. Nasir Djamil, mengapresiasi Kapolda Aceh yang berhasil menangkap pelaku penembakan pos polisi di Aceh Barat dan pembunuhan terhadap Komandan Tim (Dantim) Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI di wilayah Kabupaten Pidie.

Menurutnya keberhasilan ini menunjukkan bahwa Kapolda Aceh Irjen Polisi Ahmad Haydar ingin menjawab spekulasi yang berkembang soal insiden penembakan itu.

“Dengan ditangkapnya pelaku penembakan di dua tempat itu, maka spekulasi soal siapa pelaku dan motifnya telah dijawab oleh polisi,” ujar Nasir Djamil dalam keterangan tertulis yang dilansir JPNN.com, Senin (1/11/2021).

Nasir menyebutkan, penangkapan pelaku penembakan di dua lokasi yang berbeda itu sangat penting, mengingat Aceh merupakan daerah yang pernah bergolak agar tidak menimbulkan spekulasi siapa pelaku dan motif penembakan.

Dia mengungkapkan, sejumlah anggota DPR juga menanyakan kabar dan khawatir kasus itu akan berpotensi mengancam keamanan dan politik pasca damai Aceh.

“Sejumlah anggota DPR RI menelepon saya dan menanyakan apakah kasus penembakan itu berpotensi mengancam perdamaian di Aceh ?,” ujar Nasir.

Ketua Forbes DPR dan DPD RI asal Aceh itu berharap agar kasus ini dibuka secara terang benderang, sehingga masyarakat mengetahui motif pelaku penembakan dan mengetahui apakah pelakunya tunggal atau tidak.

Dia juga berharap agar kasus tersebut bisa secepatnya dibawa ke meja persidangan.

“Sehingga di persidangan dapat mengikuti dan mendengar apa dan mengapa pelaku melakukan penembakan. Saya menduga persidangan ini akan menarik karena melibatkan TNI dan Polri,” kata Nasir Djamil.

Sebelumnya, Polres Pidie akhirnya berhasil mengungkap kasus penembakan yang mengakibatkan Komandan Tim BAIS TNI Pidie Kapten Abdul Majid meninggal dunia. Tiga terduga pelaku penembakan yang menewaskan korban tersebut telah ditangkap. Ketiga terduga pelaku yakni berinisial D (43), F (42), dan M.

Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy mengatakan pelaku ditangkap Minggu ini. Penangkapan pelaku dipimpin Kapolres Pidie AKBP Padli didukung Polisi Militer Polda Aceh.

“Ketiga terduga pelaku yakni berinisial D, F, dan M. Ketiga pelaku memiliki peran tersendiri. Motif penembakan adalah perampokan,” kata Kombes Pol. Winardy di Banda Aceh, Minggu. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here