Beranda Bhayangkara Antisipasi Dampak Covid-19 : TNI-Polri Dirikan Dapur Umum

Antisipasi Dampak Covid-19 : TNI-Polri Dirikan Dapur Umum

162
0

Di tengah pandemi Covid-19 melanda negeri ini Polres Ciamis dan Kodim 0613 Ciamis senantiasa hadir di tengah masyarakat dalam memastikan terpenuhinya kebutuhan hajat hidup yang terdampak Covid-19 di wilayah Kabupaten Ciamis.

Ciamis, Jabar | Sinergitas yang dibangun antara Pemerintah Kabupaten Ciamis,TNI dan Polri dengan mendirikan dapur umum dan pembagian makanan kepada masyarakat tentu sangat di rasakan manfaatnya oleh sebagian masyarakat.

Ibu Eneng salah seorang warga Ciamis yang kesehariannya sebagai penjual makanan ringan kaki lima di sekitar Alun-Alun Kota Ciamis, seusai mengantri mengambil makanan nasi kotak saat di wawancarai media ini mengatakan, kehadiran dapur umum serta pembagian nasi kotak dirasakan sangat membantunya, Rabu (15/04/2020).

Usaha yang dilakukan oleh keluarganya sebagai penjual makanan dan minuman kaki lima di sekitar Alun-Alun Kota Ciamis seperti kopi dan es kelapa muda, saat ini mengalami dampak pandemi Covid-19.

“Dengan diberlakukannya karantina lokal dan Social Distancing oleh pemerintah tentu berakibat kepada perusahaannya  bahkan nyaris tidak berjualan,” tuturnya.

“Saat ini tidak menentu bahkan nyaris hilang penghasilannya,  Syukur Alhamdulillah Polres Ciamis, Kodim 0613 dan Pemerintah Ciamis, mendirikan dapur umum serta membagikan makanan kepada warga, itu sangat membantu,” singkatnya.

Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra di dampingi Dandim 0613 Ciamis di tengah kegiatannya saat di wawancarai para awak media mengatakan. Kegiatan pendirian dapur umum serta pembagian makanan bertujuan untuk membantu masyarakat yang terkena dampak Covid-19 di Kabupaten Ciamis.

“Hadirnya dapur umum yang didirikan oleh Pemkab Ciamis, TNI dan Polri diharapkan bisa meringankan sedikit beban hidup serta dirasakan keberadaannya oleh masyarakat, terlihat warga berdatangan dengan tetap menjaga jarak dan berbondong-bondong untuk mengambil makanan yang di siapkan di dapur umum dan dalam waktu sekejap ratusan nasi kotak telah habis,” tuturnya.

“Dapur umum tersebut menyediakan makan siang gratis bagi siapapun masyarakat yang kurang mampu. Selain memberikan makanan gratis untuk masyarakat di Posko Tenda TNI dan Polres Ciamis juga menyediakan hand sanitizer, masker dan minuman gratis,” singkatnya.

Hal senada diungkapkan Dandim 0613 Letkol Arm Tri Arto Subagio, yang intinya dengan di dirikannya dapur umum tersebut di harapkan dapat membantu serta meringankan warga yang ada di Kabupaten Ciamis khusus disekitar Kota Ciamis yang terdampak Pandemi Covid-19.

Sinergitas TNI, Polri dan Pemerintah dalam memastikan warganya yang terdampak dari wabah corona  tentu akan hadir di tengah-tengah masyarakat.

Ia berharap, “kepada seluruh warga Kabupaten Ciamis dalam mencegah Covid-19 untuk mengikuti protokol yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here