Beranda Daerah Antisipasi Terjadinya Bencana, Pemko Sabang Bersama TNI-POLRI Apel Gelar Pasukan

Antisipasi Terjadinya Bencana, Pemko Sabang Bersama TNI-POLRI Apel Gelar Pasukan

180
0
RSUD Tobelo

Sabang, Aceh

Guna menghadapi dan mengantisipasi bila terjadi bencana, Pemerintah Kota (Pemko) Sabang dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari semua kesatuan beserta Polres Sabang, menggelar apel siaga bencana yang dimotori Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sabang, Rabu (11/11/2020) di lapangan Yos Sudarso Gampong Kota Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang.

Hadir dalam perhelatan apel pasukan bencana tersebut antara lain Wakil Walikota Sabang, Drs. Suradji Junus, Ketua DPRK Sabang, M Nasir, Danlanal Sabang, Kolonel Laut (P) Agus Darmawan S.E.,M.Tr, Hanla, Kafasharkan Sabang, Kolonel Laut (T) Ivan Safari Kurniawan, Danlanud Maimun Saleh, Letkol Pnb. Dariyanto, Dansatrad 233 Sabang, Letkol Lek Firmansyah, Kapolres Sabang, AKBP Muhammadun SH, Dandim 0112 Sabang diwakili Danramil Sukajaya, Mayor CHB. Tatang Kurniawan, Danlanudal Sabang, Letkol Laut (T) Sunarto, Asisten I Andri Nourman AP.,M.Si, Kajari kota Sabang, Choirun Parapat S.H M.H, Asisten II Drs. Kamaruddin, Kadishub, Ir. Syarbini, Kasatpol PP dan WH, Irfani S.Sos, Ketua MPU, Tgk. Yakob,SH, Plt Kadiskes dan KB dan Kepala BPBD, M. Amin.
Wakil Walikota Sabang, Drs. Suradji Junus dalam sambutannya menyampaikan,”perlu kita ketahui bersama bahwa ramalan cuaca nasional saat ini, di mana banyak terjadinya bencana sebagai dampak dari perubahan iklim, yang mengakibatkan kerugian baik moril maupun materiil berupa fasilitas umum, perumahan rakyat dan hilangnya harta benda serta nyawa manusia”.

“Berdasarkan perkiraan cuaca saat ini, wilayah Indonesia khususnya Kota Sabang, sudah memasuki musim hujan dan angin di mana puncaknya diperkirakan akan terjadi pada akhir tahun 2020, sehingga perlu diwaspadai bahwa hujan lebat dan angin kencang yang mungkin terjadi akan mengakibatkan bencana terutama
pohon tumbang, dimana selama ini kerap terjadi di wilayah Kota Sabang”, kata Drs. Suradji Junus.

“Oleh karena itu, mencermati hal tersebut perlu adanya langkah-langkah proaktif, guna mengantisipasi dan membantu masyarakat bila terkena bencana, karena sudah menjadi tugas pemerintah bersama TNI-Polri dan instansi terkait untuk melindungi keselamatan jiwa raga, harta benda, dan lingkungan yang menguasai hajat hidup masyarakat banyak, sehingga dalam upaya penanggulangan bencana di Kota Sabang sepatutnya harus tanggap dan selalu dituntut untuk siap siaga”, ungkapnya.

Gelar pasukan kesiapan penanggulangan bencana ini, lanjut Suradji, untuk mengetahui kesiapan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana yang ada di Kota Sabang, baik kesiapan personil sarana dan prasarana serta dukungan lainnya.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya juga mengingatkan kita semua bahwa dalam pelaksanaan tugas nantinya agar selalu melakukan koordinasi dan bersinergitas satu sama lain, sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik dan lancar”, ujarnya.

Dari pantauan media ini, seluruh instansi terkait dengan penanggulangan bencana di Sabang, turut hadir pada apel gelar pasukan bencana, seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Pemadam Kebakaran, Rumah Sakit dan media massa. (Jalalaluddin Zky).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here