Beranda Daerah Apel Siaga Bencana Tingkat Kabupaten, Ini Dia Pesan Bupati Ciamis

Apel Siaga Bencana Tingkat Kabupaten, Ini Dia Pesan Bupati Ciamis

180
0

Apel Siaga Bencana Tingkat Kabupaten bertujuan untuk melihat dan mengevaluasi setiap personil material sarana dan prasarana yang dimiliki untuk melaksanakan misi penanggulangan bencana alam di Kab.Ciamis. “Ini salah satu kesiapsiagaan kembali, harapan kita mudah-mudahan di wilayah Ciamis tidak ada bencana,” harap Bupati Herdiat.

Ciamis | Dalam kesempatan tersebut Bupati Ciamis menghimbau, “untuk meningkatkan koordinasi dalam penanganan bencana dengan memaksimalkan semua potensi yang dimiliki, serta seluruh masyarakat Kabupaten Ciamis agar selalu waspada dan mengenali jenis bencana,” tuturnya.

Bupati Herdiat juga menyampaikan, “bahwa Kabupaten Ciamis menurut catatan BMKG termasuk daerah yang memiliki kerentanan tertinggi untuk tingkat nasional karena masuk dalam peringkat 16 dari l.k 500 daerah, sedangkan di tingkat provinsi berada pada urutan ke 5, tingginya kerentanan disebabkan berbagai faktor seperti gempa bumi, tanah longsor, banjir dan angin kencang sehingga masih tinggi resiko yang dihadapi. Penanganan bencana merupakan resiko semua pihak sehingga masyarakat dan pemerintah harus bertanggung jawab sepenuhnya,” tegasnya.

“Tingkat kesiagaan harus disiapkan dalam menghadapi bencana dapat di tingkatkan secara efektif, sudah sepatutnya gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengantisipasi adanya kemungkinan bencana di Wilayah Kabupaten Ciamis,” terangnya.

Kemudian Pimpinan apel Mengintruksikan kepada masyarakat Kabupaten Ciamis sebagai berikut.

  1. Tingkatkan kesiapsiagaan bencana alam di daerah;
  2. Jaga peralatan yang dimiliki agar berfungsi dengan baik;
  3. Semua SKPD harus memahami dan menjalankan tupoksi sesuai dengan kontijensi;
  4. Agar tetap waspada dan mengenali jenis bencana yang kemungkinan terjadi di lingkungan masing-masing.
  5. Agar terus melakukan sosialisasi dan menyampaikan informasi tentang bencana alam kepada masyarakat.

Selanjutnya pimpinan Apel beserta unsur Forkopimda Kab. Ciamis melaksanakan peninjauan alat-alat perlengkapan penanganan bencana alam dari berbagai Dinas Instansi.

Turut hadir selain Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat S. MM, Kapolres Ciamis AKBP Dr. Bismo Teguh Prakoso SH.S.IK.,MH, Dandim 0613 Letkol ARM Tri Arto Subagio, M.Int. Rel, M.M.D.S, Kejari Ciamis Sri Respatini SH., M.HUM, Forkopimda Kab Ciamis, Anggota DPRD Kabupaten Ciamis, Ormas dan OKP Kab  Ciamis, BPBD Kab Ciamis, Tagana Kab Ciamis, PMI Kab. Ciamis, Mapala Unigal dan IAID Ciamis dan Kwarcab Pramuka Kab. Ciamis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here