Beranda Seputar Sumbar Babinsa Dampingi BNNK Sosialisasi Dan Kampanye Bahaya Narkoba Di Wilayah Binaannya

Babinsa Dampingi BNNK Sosialisasi Dan Kampanye Bahaya Narkoba Di Wilayah Binaannya

380
0

Solok, Sumbar

Babinsa adalah Bintara Pembina desa sebagai ujung tombak TNI Angkatan Darat dalam pelaksanaan pembinaan teritorial di setiap desa atau Kecamatan di seluruh Indonesia. Secara organisasi Babinsa berada pada satuan komando kewilayahan tingkat Koramil.

Kegiatan-kegiatan pembinaan teritorial yang dilaksanakan Babinsa bersifat operasional dan atas petunjuk arahan pertama bersifat Top Down, yaitu mengalir dari pokok-pokok kebijaksanaan Komando Resort militer (Danrem), kemudian turun ke komando distrik militer (Dandim) dan bersifat Buttom of, yaitu insiatif para Dandim dan danramil, yang didasarkan pada kepentingan koordinasi pemerintah, masyarakat dari aspek pembinaan geografi khusus luas wilayah dan aspek demografi desa atau kelurahan yang dibina para Babinsa.
Termasuk salah satu tugas Babinsa menangkal segala bahaya gangguan ancaman yang diakibatkan oleh penyalahgunaan narkoba, zat adiktif, illegal logging maupun terorisme yang berada di wilayah binaannya.

Seperti halnya yang dilakukan Babinsa Koramil 02/Lembang Jaya Kodim 0309/Solok, Kopda Rudi Afrianto, mendampingi BNN Kabupaten Solok memberikan sosialisasi dan mengkampanyekan bahaya Narkoba dan zat adiktif kepada masyarakat dan para remaja yag ada di wilayah binaanya, serta pemasangan spanduk yang bertuliskan, Jauhi Narkoba atau Masuk Penjara, Nikmati Masa Mudamu Tanpa Narkoba, Memakai Narkoba Menghilangkan Harapan serta Raihlah Impianmu Tanpa Narkoba.

Dalam kegitan ini Babinsa, Kopda Rudi Afrianto mengatakan bahwa ia berharap lewat kegitan kampanye dan pemasangan spanduk bahaya narkoba serta upaya ini, masyarakat menjadi sadar akan ancaman yang datang kemasa depan apabila masih ada yang coba-coba untuk mengkonsumsi narkoba.
“Mari bersama-sama kita satukan kekuatan untuk perangi bahaya Narkoba serta ciptakan suasana kondusif, aman dan nyaman di lingkungan kita,”tuturnya.
Kopda Rudi menghimbau kepada para pemuda agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba, setiap individu harus meningkatkan iman kepada Allah SWT, kemudian pelajari tentang bahaya narkoba dan sibukkan diri dengan hal-hal yang positif serta memilih kegiatan yang bisa menguntungkan diri sendiri.

“Kita harus bisa menempatkan diri kita ke dalam lingkungan yang baik dan jauh dari narkoba,” ungkapnya.

Tampak hadir dalam kegitan tersebut, Kepala BNNK Solok, AKBP Saifuddin Anshori S.I.K., bersama anggota 10 orang, Kasat Narkoba Polres Solok, Iptu Amin Nurasyid, S.H., bersama anggota 1 orang, Polisi Militer Serma Dori Putra dan Koptu Indra H, Wali Nagari Koto Anau, Edi Setiawan A,md, Babinsa, Kopda Rudi Afrianto, Prada Sastra Wahyudi, Prada Reno Reves, Bhabinkamtibmas, Brigadir Osdila Bermana, Ketua BPN, Rizaldi, Ketua IPKA, Herianto SH., Ketua LPMN, Yendri Mandeli, Ketua KAN, Onderus dan Kepala Jorong Se-Nagari Koto Anau serta unsur Niniak Mamak. (Ossie Gumanti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here