Beranda Seputar Sumbar Babinsa Koramil 08 Bukit Sundi Bantu warga Terdampak Banjir

Babinsa Koramil 08 Bukit Sundi Bantu warga Terdampak Banjir

83
0

Solok, Sumbar

Sejumlah rumah warga di kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok, Sumatera Barat, digenangi air dengan ketinggian rata-rata 60 sentimeter. Banjir diakibatkan hujan deras dan meluapnya air sungai Batang Lembang sejak senin (11/1/2021) sore kemarin.

Beberapa Nagari yang digenangi air yaitu Nagari Muara Panas, Nagari Dilam dan Nagari Parambahan. Warga Kampung , Rustam, mengatakan, air mulai masuk rumah warga sejak tengah malam atau sekitar pukul 00.30 WIB dengan ketinggian 30 sentimeter hingga 60 sentimeter lebih.
“Di dalam rumah saya kedalaman air sekitar 20 sentimeter tetapi rumah warga yang rendah berada di pinggir sungai bisa mencapai 60 sentimeter lebih,” ujarnya saat dihubungi, selasa pagi (12/1/2021).

Rustam bersama keluarganya tetap bertahan di rumah sebab masih bisa tinggal di ruangan yang tidak digenangi air. Dia mengatakan, saat ini air sudah mulai berangsur surut.
Danramil 08/Bukit Sundi, Kapten Inf Syahrial melalui Bintara tinggi Tata Usaha Urusan Dalam (Bati TUUD), pelda Sugeng, saat dikonfirmasi melalui sambungan seluler membenarkan bahwa di Kecamatan Bukit Sundi terjadi luapan air Sungai Batang Lemban dan mengakibatkan genangan air yang merendam pemukiman warga. “Saat ini personil Koramil 08 Bukit Sundi sedang berada di lokasi banjir di Kecamatan Bukit Sundi untuk membantu warga,” katanya.

Lanjut Pelda sugeng mengatakan, sampai saat ini ia baru menerima laporan di Nagari Muara Panas yang banyak rumah warga terendam air dan ada juga sekolah yang terendam. “Ada sekolah juga yang terendam banjir,” ujarnya.

Saat ini Babinsa Koramil 08/Bukit Sundi masih melakukan evakuasi dan pembersihan sisa lumpur di lokasi. (Ossie Gumanti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here