Beranda Nasional Baku Tembak Di Puncak Papua, Tiga Anggota Brimob Tertembak

Baku Tembak Di Puncak Papua, Tiga Anggota Brimob Tertembak

38
0
RSUD Tobelo

Ilaga, Papua

Anggota Brimob yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi, Bharada I Komang Wira Natha gugur dalam baku tembak dengan KKB di Kabupaten Puncak, Selasa (27/4/2021).

Korban jiwa kembali jatuh di pihak aparat Indonesia akibat ulah kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua, Selasa (27/4/2021) pagi.

Seorang anggota personil Satgas Nemangkawi yang ditugaskan di Kabupaten Puncak, Bharada I Komang gugur dan dua rekannya mengalami luka tembak dalam baku tembak dengan KKB di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Selasa (27/4/2021) pagi.

Dari informasi yang diterima, kontak senjata terjadi sekitar pukul 08.00 WIT di Markas Lumawi, Kampung Makki, Distrik Ilaga utara.

Bharada I Komang Wira Natha gugur setelah terkena tembakan di paha arteri, menghembuskan nafas terakhir akibat terlambat mendapat pertolongan.

Anggota Brimob yang menjadi korban merupakan personel Satgas Nemangkawi yang ditugaskan di Kabupaten Puncak.

Dua rekannya, Ipda Anton Tonapa terkena tembakan di punggung dan Bripka Moh Syaifudin kena tembak di dada, berhasil diselamatkan karena mendapat penanganan awal.

Bharada I Komang Wira Natha


Mereka saat ini dalam perawatan di RSUD Mimika.

“Ya, ada kontak tembak tadi pagi di Ilaga. Tiga orang korban, satu meninggal Bharada Komang. Semua korban sudah dievakuasi ke Timika,” ujar Kapolda Papua, Irjen Mathius Fakhiri, di Jayapura, Selasa.

Menurut dia, pelaku penembakan adalah KKB pimpinan Lekagak Telenggen.

Kapolda belum bisa memastikan apakah dalam kontak senjata tersebut ada anggota KKB yang menjadi korban.

Meski anggotanya terus menjadi korban, Fakhiri menyatakan akan terus melakukan pengejaran terhadap KKB.

“Kita lakukan penindakan, tetap kita tidak akan mundur,” kata dia.

Sementara itu, dikutip dari Antara, ada informasi tentang 5 (lima) anggota KKB yang tewas, namun masih menunggu konfirmasi.

Hal ini diungkapkan Kapolda Papua Irjen Pol Fakhiri.

“Memang ada informasi 5 (lima) KKB tewas dalam kontak tembak, namun belum dipastikan karena masih menunggu laporan sementara anggota masih melakukan pengejaran,” ujar Irjen Pol Fakhiri.

Kepala BIN Papua Ditembak KKB

Sebelumnya, Kepala BIN Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha, gugur setelah terlibat kontak tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Minggu (25/4/2021), sekitar pukul 15.50 WIT.

Ia terlibat dalam tembak-menembak saat dihadang KKB.

Penghadangan ini terjadi ketika iring-iringan Satgas BIN dan Satgas TNI-Polri tengah melakukan perjalanan menuju Kampung Dambet. Di tengah perjalanan, tiba-tiba KKB melakukan penghadangan dan kontak tembak keduanya tak terelakan.

Kabinda yang terlibat dalam aksi tembak-menembak pun gugur.

Panglima Kodam XVII/Cendrawasih, Mayjen Ignatius Yogo Triyono mengatakan, pelaku diduga anggota KKB pimpinan Lekagak Telenggen.

“Dari laporan yang saya terima, pelaku penembakan terhadap korban berasal dari kelompok Lekagak Telenggen,” katanya.

Setelah peristiwa tersebut, jenazah Kabinda Papua dibawa ke Puskesmas Beoga. (red)

HUT Bahayangkara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here