Beranda Ekonomi Bank Syariah Didesak Berperan Lakukan Pemulihan Ekonomi Nasional

Bank Syariah Didesak Berperan Lakukan Pemulihan Ekonomi Nasional

36
0

Bank Syariah didesak untuk membantu pemulihan ekonomi nasional yang terus merosot akibat pandemi Covid-19. Desakan itu disampaikan langsung oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dalam rapat konferensi video dengan Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo).

Banyak orang yang punya dana tapi tidak mampu mengembangkan dananya dan banyak orang yang punya kemampuan tapi tidak punya dana. Di sinilah fungsi bank syariah untuk melakukan intermediasi itu. – Kiai Ma’ruf Amin, Wakil Presiden RI –

Jakarta | Dalam turut melakukan peranan untuk pemulihan ekonomi nasional Wakil Presiden Kiai Ma’ruf Amin, tetap menekankan  agar fungsi Bank Syariah tetap dijalankan sesuai kaidah yang berlaku.

Pertama, menjaga fungsi intermediasi yaitu antara pihak yang menyimpan dana dengan pihak yang membutuhkan dana.

Kedua, bank syariah, harus tetap menjaga kesesuaian prinsip syariah dalam operasional bank. Selain itu, bank syariah harus dapat menjaga citra atau reputasi sebagai bank syariah.

Terakhir, manajemen syariah juga harus dijaga agar jangan sampai citra bank syariah dianggap buruk karena pengelolaannya yang kurang baik.

“Ini merupakan momen tepat bagi bank syariah dan lembaga keuangan syariah untuk berperan dalam upaya pemulihan sehingga perlu disiapkan program-program yang lebih realistis,” kata Wakil Presiden Kiai Ma’ruf Amin, Rabu (10/06/2020) di Jakarta.

Wakil Presiden Kiai Ma’ruf Amin, mengharapkan program-program dari Asbisindo untuk pemulihan ekonomi nasional tersebut. Dapat segera diterapkan oleh Bank-bank Syariah di Indonesia, sehingga proses pemulihan ekonomi nasional bisa berjalan cepat berkat peran serta Bank Syariah.

“Karena, banyak orang yang punya dana tapi tidak mampu mengembangkan dananya dan banyak orang yang punya kemampuan tapi tidak punya dana. Di sinilah fungsi bank syariah untuk melakukan intermediasi itu,” kata Wakil Presiden Kiai Ma’ruf Amin. *(Edyson)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here