Beranda Daerah Benarkah Jokowi Akan Memimpin Apel 1 Juni 2022 Di Ende ?

Benarkah Jokowi Akan Memimpin Apel 1 Juni 2022 Di Ende ?

39
0
Foto: Gubernur NTT, Viktor B. Laiskodat

Ende, NTT

Rencana peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni secara Nasional di Kabupaten Ende, akan dihadiri Presiden Republik Indonesia (RI), Ir. Jokowi Dodo. Benarkah itu ?.

Dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila 1 Juni 2022, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) NTT memastikan akan dirayakan secara nasional di Ende tahun ini.

Hal itu disampaikan Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol NTT, Ir. John Octavianus, M.M., kepada RRI dalam Lintas Ende Pagi, Minggu (13/3/2022) lalu seperti dilansir rri.com.

Dikatakannya, perayaan tersebut bahkan telah rencanakan dilakukan sejak tahun 2021 lalu. Adapun hal-hal yang telah di persiapkan yakni, antara pemerintah provinsi NTT dan pemerintah Kabupaten Ende melakukan kesepakatan secara administratif telah rampung. Bahkan Gubernur NTT, Viktor B. Laiskodat, telah bersurat kepada Presiden RI pada Oktober 2021 dan telah disposisikan kepada pihak Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP). Usulan tersebut mendapatkan respon yang baik dari Kepala BPIP.

“Saat ini kita tinggal menunggu rekomendasi dari ketua dewan pengarah BPIP yakni, lbu Megawati tentang rencana upacara Hari Lahir Pancasila itu,” ujarnya.

Ditambahkannya, Kabupaten Ende juga telah menyiapkan anggaran untuk kegiatan tersebut serta kegiatan yang mendukung seperti prosesi kebangsaan, baik laut maupun darat dan kegiatan pembersihan lapangan. sementara itu Pemerintah Provinsi juga telah melakukan koordinasi bersama pemerintah pusat agar perencanaan perayaan hari lahir Pancasila dapat berjalan sesuai dengan rencana.

“Ada banyak hal yang direncanakan yang pertama adanya kegiatan prosesi kebangsaan baik darat maupun udara, kemudian dilanjutkan dengan pencanangan sumpah Pancasila dari Ende untuk Indonesia, kemudian nanti ada konser kebangsaan yang akan dipersembahkan oleh SLANK dan nanti bapak Gubernur akan mempersiapkan pertanyaan kepada masyarakat, yang bisa menjawab akan mendapatkan hadiah, lalu ditutup dengan kegiatan mengunjungi Danau Kelumutu,” jelas Kaban Kesbangpol NTT tersebut.
Dilansir dari laman rri.com, Perencanaan kegiatan ini telah dirangkum menjadi proposal untuk nantinya mendapatkan dukungan dari APBN dan para donatur, jika usulan tersebut telah disahkan oleh Dewan Pengarah BPIP maka anggarannya pun akan disalurkan agar pelaksanaan perayaan hari lahir Pancasila secara Nasional di Kabupaten Ende bisa diwujudkan.

Pantauan Bhayangkarautama.com., terkait kondisi Kambtibmas disejumlah wilayah dalam kota Ende saat ini sangat kondusif. Namun belum terlihat tanda-tanda akan ada kunjungan Presiden Jokowi. Seperti pembenahan atau persiapan di areal Bandara Areoboesman Ende atau jalur-jalur yang akan dilalui Presiden Jokowi nanti.

Salah seorang warga masyarakat Kabupaten Ende yang tidak mau namanya dimediakan mengatakan, apabila Bapak Jokowi mau datang ke Ende dalam rangka memimpin apel 1 Juni ini, maka Pemkab Ende jauh-jauh hari sudah melakukan persiapan-persiapan yang matang. Karena kalau utuk kita di daerah biasanya kalau untuk kunjungan seorang Presiden minimal 6 (enam) bulan sebelumnya sudah dilakukan pembenahan-pembenahan dan persiapan disegala lini. Kalau kunjungan oleh seorang Wakil Presiden (Wapres) itu biasanya 3 (tiga) bulan sudah dipersiapkan.

“Tapi ini kita melihatnya kok biasa – biasa saja. Belum lagi rombongan yang akan mengikuti dan mendampingi Presiden, itu Pemkab harus siapkan semua fasilitas termasuk kendaraan mewah dan jalur-jalur yang akan dilalui sudah harus dibenahi semua. Tapi ini tidak ada tanda-tanda bahwa Jokowi akan datang untuk hadiri apel 1 Juni 2022 di Ende,” ungkapnya. (Damianus Manans)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here