Beranda Daerah Bentuk Generasi Muda Yang Berkarakter Dan Berawawasan Kebangsaan, Kodim Sintang Gelar Pembinaan...

Bentuk Generasi Muda Yang Berkarakter Dan Berawawasan Kebangsaan, Kodim Sintang Gelar Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika

103
0

Sintang, Kalbar

Salah satu upaya yang dilakukan TNI-AD dalam
membantu pemerintah menyiapkan kekuatan pendukung secara dini adalah dengan cara membentuk Satuan Karya Pramuka Saka Wira Kartika, guna meningkatkan pembinaan bagi generasi muda melalui pembinaan Gerakan Pramuka.

Kodim 1205/Sintang menggelar kegiatan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika dengan tema “Mewujudkan Binter TNI-AD yang Adaptif Melalui Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika, Guna Membentuk Geserasi Muda Yang Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan”, yang dilaksanakan di Makodim 1205/Sintang, Jalan Pembangunan, Kelurahan Tanjung Puri, Sintang, pada Sabtu (12/06/2021).
Kegiatan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1205/Sintang ini diikuti oleh siswa dan siswi dari SMK N 1 Sintang, sebanyak 30 orang serta dilaksanakan sesuai dengan prosedur protokol kesehatan, guna menghindari penyebaran Covid-19.

Pasiter Kodim 1205/Sintang, Kapten Inf H. Didik HP menjelaskan, pembinaan Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika yang dilaksanakan oleh Kodim Sintang ini diperuntukkan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, guna membantu pemerintah daerah dalam menyiapkan generasi muda dalam memberikan pendidikan kesadaran bela negara secara dini, dalam rangka mencegah pudarnya rasa cinta tanah air dikalangan generasi muda akibat dari semakin maraknya budaya asing dan pergeseran norma budaya bangsa, yang mengarah pada perpecahan dan upaya penghilangan ke-Bhinneka Tunggal Ika-an dalam kehidupan masyarakat.
“Selain itu juga untuk membina dan membentuk generasi muda bangsa Indonesia
berkepribadian yang baik, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan berjiwa kesatria serta memiliki rasa cinta tanah air dengan semangat bela negara,” lanjut Pasiter.

Kegiatan Pembinaan Pramuka ini diantaranya meliputi 5 Krida, yaitu Krida Navigasi Darat, Krida Pioneering, Krida Mountaineering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana, serta latihan PBB, Tata cara penghormatan, Latihan Upacara Bendera dan Outbound yang bersifat menanamkan nilai-nilai kepemimpinan, disiplin, tanggungjawab, pantang menyerah, kerjasama dan kewaspadaan diri. (Rabi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here