Beranda Daerah Berdalih Sumbangan Pendidikan, Diduga SMAN 5 Sukabumi Lakukan Pungli Saat PPDB

Berdalih Sumbangan Pendidikan, Diduga SMAN 5 Sukabumi Lakukan Pungli Saat PPDB

118
2

Sukabumi, Jabar

Meskipun pemerintah telah mengeluarkan aturan melalui Permendikbud No. 60 tahun 2011 tentang larangan pungutan sekolah, namun aturan tersebut sepertinya tidak berlaku bagi jenjang Sekolah Menengah Atas di kota Sukabumi.

Terbukti, saat penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2021 masih banyak sekolah yang melakukan pungutan terhadap calon peserta didik, dengan dalih sumbangan.

Ironis, bahkan nilai sumbangan pun sudah dipatok oleh pihak sekolah.

Seperti halnya yang terjadi pada jenjang Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN 5) Kota Sukabumi, diduga mengutip sejumlah uang dari calon peserta didik baru saat penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2021.
Adapun nilai sumbangan yang dipatok oleh pihak sekolah bervariasi, tercatat dalam kwitansi sebesar Rp. 3.500.000 ribu.

Berdasarkan hasil konfirmasi dengan pengurus komite sekolah, mengatakan, “Sumbangan tersebut sifatnya tidak mengikat, dikarenakan Bantuan Operasional Daerah (Bosda) tidak mencukupi untuk kebutuhan sekolah maka kami menggalang sumbangan dana”.

“Karena Bosda tidak cukup, maka kami melakukan penggalangan dana dari calon peserta didik baru. Adapun dana yang sudah terkumpul digunakan untuk keperluan memperbaiki mesjid, ruang kelas dan kantin,” dalih komite, Jumat (25/3/2022).

Anehnya, hasil temuan dengan bukti kwitansi tercatat nilai yang sudah dipatok dengan bahasa “Titipan Sumbangan Pendidikan”.

Hal tersebut menuai pertanyaan dari banyak pihak, hingga meminta kepada pihak Kejari Sukabumi agar menindak lanjut serta mengusut dugaan pungutan liar (pungli-red) yang dilakukan oleh pihak SMAN 5 Sukabumi saat PPDB tahun ajaran 2021 yang lalu. (tim)

2 KOMENTAR

  1. Bahkan sekarang di minta uang pembangunan lagi padahal sudah di minta kelas 10 sekarang di minta lagi , saya sampe berdagang untuk membantu pembayaran karna pandemi gini usah cari uang,untuk sehari hari aja susah ekonomi pada naik ini di tambah pertahun bayar bangunan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here