Beranda Polres Beri Pelayanan Selama Libur Lebaran, Satpolair Polres Purwakarta Lakukan Patroli Di Perairan

Beri Pelayanan Selama Libur Lebaran, Satpolair Polres Purwakarta Lakukan Patroli Di Perairan

14
0

Purwakarta, Jabar

Pada momentum libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Purwakarta menggelar berbagai kegiatan kemanusiaan dalam rangka Operasi Ketupat Lodaya 2022.

Kegiatan tersebut digelar Satpolair Polres Purwakarta yakni patroli di waduk Jatiluhur dan Cirata, serta memberikan himbauan kepada pengguna maupun penyedia jasa transportasi di perairan khususnya kepada para Nahkoda perahu.

Himbauan yang diberikan kepada Nahkoda dan penumpang perahu yang berwisata di Waduk Jatiluhur dan Waduk Cirata agar mentaati kewajiban dan melengkapi alat-alat keselamatan saat berlayar.

Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto melalui Kasatpolair Polres Purwakarta, AKP Jajang Sukandar mengatakan, Patroli dan himbauan ini dilakukan dengan tujuan agar memberikan rasa aman bagi masyarakat yang akan berlibur di objek wisata.
Selain itu, kegiatan ini sebagai upaya mencegah terjadinya musibah seperti kecelakaan di air, seperti perahu tenggelam, orang tenggelam atau hilang, tubrukan kapal dan kejadian-kejadian lainnya yang dapat mengakibatkan korban jiwa maupun materil.

“Maka dari itu kami terus lakukan patroli dan berikan himbauan kepada masyarakat yang tengah beraktivitas di wilayah perairan, seperti pengunjung dilarang berenang, pengelola jasa penyewaan wahana air agar selalu mengawasi para penyewanya tidak melebihi kapasitas penumpang, dilarang berenang dan nahkoda perahu cukup umur atau berpengalaman. Kami juga menghimbau para nahkoda serta penumpang selalu gunakan alat keselamatan dan keamanan perairan seperti pelampung juga ring BOUY,” ucap Jajang, pada Selasa (3/5/2022).

Selain itu, sambung dia, pihaknya juga memberikan himbauan kepada para pengunjung obyek wisata agar selalu menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19.

Jajang menambahkan, himbauan terkait Kamtibmas kepada nahkoda pengguna transportasi angkutan air dan masyarkat yang beraktifitas di perairan agar serta mengingatkan terkait protokol kesehatan.
“Selalu mengutamakan keselamatan berlayar dengan memperhatikan cuaca, alat keselamatan, kondisi kapal serta muatan sesuai daya muat kapal. Selain itu tetap menerapkan protokol kesehatan terkait Covid-19 dalam kehidupan dan mengikuti giat vaksinasi yang diselenggarakan oleh Polres Purwakarta ataupun Pemkab Purwakarta,” jelasnya.

Patroli ini dilakukan, kata Jajang, mengingatkan destinasi wisata Waduk Jatiluhur dan Cirata merupakan pilihan masyarakat untuk berkunjung pada saat liburan lebaran, sehingga perlu pengamanan dan pelayanan agar liburan masyarakat tetap aman dan terkendali.

“Sebagaimana arahan Pak Dirpolair Polda Jabar dan Pak Kapolres Purwakarta, patroli ini sebagai upaya kesiapan dalam penanganan khusus apabila terjadi laka air yang mengharuskan untuk dilakukan pencarian maupun evakuasi terhadap korban,” ucap Jajang.

Tak hanya itu, Satpolair Polres Purwakarta juga terus konsisten membagikan masker kepada masyarakat yang beraktivitas ataupun berlibur di wilayah perairan waduk Jatiluhur dan Waduk Cirata.

“Tak pernah lelah, kami terus menghimbau masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan budayakan pola hidup sehat serta menghindari kerumunan. Disiplin pada diri sendiri, di mana pun kita berada untuk kita semua. Semoga Pandemi ini segera berakhir,” pungkas AKP Jajang Sukandar. (Jim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here