Beranda Daerah BPHS Audensi Kapolres Halut Terkait Penetapan Tersangka Demianus Ice Atas Kasus Dugaan...

BPHS Audensi Kapolres Halut Terkait Penetapan Tersangka Demianus Ice Atas Kasus Dugaan Pemalsuan Dokumen

34
0
Selamat Hari Jadi Kabupaten Sukabumi Yang Ke -151

Tobelo, Halut

Sejumlah Petinggi Badan Pekerja Harian Sinode (BPHS) GMIH 1946, Jalan Kemakmuran, Tobelo, sambangi Polres Halmahera Utara guna melakukan audensi bersama Kapolres Halmahera Utara AKBP Tri Okta Hendri Yanto, S.I.K., M.H., terkait penetapan tersangka Demianus Ice dalam kasus dugaan Pemalsuan Dokumen, Kamis (12/08/2021).

Pdt. Yakob. M. Soselisa, S.Th, dihadapan Kapolres Tri Okta Hendri mengatakan, menyikapi pergumulan Gereja Masehi Injili di Halmahera (GMIH) maka Badan Pekerja Harian Sinode (BPHS) Gereja Masehi Injili di Halmahera (GMIH), datang menghadap Kapolres guna membahas terkait persoalan hukum yang menimpa Demianus Ice.

“Kehadiran kami adalah perwakilan Kordinator Wilayah (Korwil) GMIH untuk mempertanyakan kasus dan penetapan tersangka kepada Demianus Ice, Ketua Sinode GMIH, sebab ketika pimpinan kami ditetapkan sebagai tersangka maka itu berarti sama halnya dengan Polres Halut menetapkan tersangka para jemaah yang ada di GMIH,” ucap Pdt. Yakobl.

“Saya hanya meluruskan terkait dengan legalitas SINODE GMIH 1946 dengan Yayasan SINODE GMIH PEMBAHARUAN, bahwa kami ini SINODE GMIH 1946 Jalan Kemakmuran, Tobelo, adalah GMIH yang terlegitimasi di Kementerian Agama RI dan terdaftar sabagai Anggota Pesekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI),” tambahnya.

“Mereka Sinode GMIH Pembaharuan disahkan oleh Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) sebagai Yayasan GMIH. Jadi sekali lagi kita ini sudah berbeda dalam struktur dan organisasi Gereja, kemudian secara organisasi kami berbeda dengan mereka,” terangnya.
Jadi kalau berkaitan dengan masalah aset GMIH, mereka sudah tidak punya kewenangan mencampuri semua aset milik GMIH 1946 dibawah kepemimpinan Demianus Ice, karena mereka adalah Yayasan GMIH Pembaharuan dengan struktur dibawah pimpinan Pdt.Levian Sambaimana. ”Apalagi yang melapor bukan bagian dari GMIH pimpinan Demianus Ice. Jadi sekali lagi, kita sudah berbeda . Sebagai warga yang baik kita semua sama dimata hukum, oleh karena itu kami mendukung Polres Halut dalam penanganan proses hukum yang sementara berjalan,” tutur Soselisa.

Sementara itu Kapolres Halmahera Utara, AKBP Tri Okta Hendri Yanto, S.I.K., M.H., menjelaskan bahwa persoalan ini adalah tindak pidana murni. “Terkait masalah kepengurusan internal GMIH, kami tidak bisa mencampuri sampai kedalam, namun yang jelas kami dari kepolisian hanya fokus pada titik tindak pidana yang saat ini sedang dalam proses hukum. Perlu bapak-bapak ketahui bahwa ini pidana persoalan perseorang bukan persoalan gereja,” terang Kapolres.

“Saya berharap bapak dan ibu sekalian dapat memahami persoalan yang saat ini ditangani oleh Polres Halmahera utara, dalam hal ini pihak penyidik. Penetapan tersangka yang ditetapkan oleh penyidik Polres Halut, karena penyidik sudah memiliki alat bukti yang cukup diantaranya dokumen dan aliran dana yang ditranfer ke rekening pribadi.
Jadi kami berharap bapak ibu dapat memahami,” ujarnya.

“Saya juga berharap apabila dalam proses hukum yang saat ini sedang berjalan, jika tidak sesuai dengan mekanisme maka mari kita sama-sama komunikasikan sehingga tidak terjadi kesalahpahaman. Saya ucapkan terimahkasih kepada bapak ibu sekalian yang sudah mendukung Polri dalam proses penanganan kasus ini, sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kasat Reskrim Polres Halmahera Utara, Iptu Elvin Septian Akbar, S.T.K., S.I.K., bahwa penetapan tersangka sudah sesuai dengan prosedur dan mekanisme dan ketentuan. Kami fokus pada Pasal 263 yakni tindak pidana pemalsuan dokumen.

“Jadi apa bila ada ketentuan-ketentuan yang salah silahkan dibicarakan, dikomunikasikan dengan kami dan sekali lagi ini persoalan perorangan bukan persoalan gereja atau internal gereja. Oleh itu, saya berharap bapak ibu sekalian dapat mendukung proses hukum yang berjalan saat ini,” pungkasnya.

Mendampingi Kapolres Halmahera saat menerima BPHS, Sekum GMIH Pdt. F Goslau M. Teol., Wakil Sekum. Pdt. Brham Ugi, S.Th., Pdt. J. Soselisa, S.Th., dan beberapa Kordinator Wilayah (Korwil) GMIH. (Roby Pangemanan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here