Beranda Daerah Bupati Ciamis Hadiri Forum Konsultasi Publik Di Bappeda

Bupati Ciamis Hadiri Forum Konsultasi Publik Di Bappeda

191
0

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan Forum Konsultasi Publik, di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Ciamis, Kamis (09/01/2020)

Ciamis |  Kegiatan Forum Konsultasi Publik diselenggarakan dalam rangka Penyempurnaan Rancangan Awal RKPD KAbupaten Ciamis Tahun 2021.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Ciamis, DR. H. Herdiat Sunarya, MM, Ketua DPRD  Kabupaten Ciamis Nanang Permana SH, Asisten Daerah, LPM Ciamis, Kepala SKPD dan Camat Lingkup Pemerintah Kabupaten Ciamis, Kepala BPS, dan usur Akademisi.

Dalam sambutannya Bupati Ciamis menyampaikan, kegiatan Forum Konsultasi Publik mempunyai peran yang strategis dalam menentukan arah kebijakan pembangunan daerah selama satu tahun kedepan.

“Forum Konsultasi Publik ini sebagai penyempurnaan yang didalamnya membahas penyusunan rancangan kerangka ekonomi daerah, kebijakan keuangan daerah dan sasaran pembangunan daerah, sebelum menyusun perencanaan kedepan, hendaknya kita evaluasi terlebih dahulu kinerja yang telah dicapai,” tuturnya.

Herdiat menambahkan, hasil pembangunan di Kabupaten Ciamis hingga saat ini telah banyak menunjukan kemajuan diberbagai bidang, walaupun di akuinya masih terdapat permasalahan pembangunan daerah yang masih perlu mendapat perhatian dan penanganan.

“Hasil evaluasi sementara capaian pembangunan kabupaten Ciamis diantaranya, Pertama, Peningkatan Indek Pembangunan Manusia (IPM) pada tahun 2018 mencapai 69,63 poin mengalami peningkatan 0.76 poin dibanding tahun 2017 pada posisi 68.87 poin. Kedua, Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) pada tahun 2018 mencapai 5,44% mengalami percepatan sebesar 0,23% dibanding tahun 2017 mencapai 5,21%. Ketiga, presentase penduduk miskin pada tahun 2018 mencapai 7,22% menurun sebesar 0,98% dibanding tahun 2017 diposisi 8.2%. Keempat, pemantapan jalan Kabupaten pada tahun 2018 telah mencapai 70,826% atau mengalami peningkatan dibandingkan kondisi tahun 2017 yang mencapai 68,719%”, paparnya.

Ciamis juga mendapat beberapa penghargaan dan prestasi diantaranya, Adipura, Adiwiyata, Kalpataru, Program Kampung Iklim, Opini WTP atas laporan keuangan, Wahana Tata Nugraha, Anugrah Rakca Dana, BP3K Berprestasi dan prestasi lainnya.

“Setelah pelaksanaan Forum Konsultasi Publik ini, sesuai dengan tahapan perencanaan yang tercantum dalam peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 86 Tahun 2017, akan dilaksanakan RKPD di Kecamatan, Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD di Kabupaten, mudah-mudahan tahapan perencanaan daerah tersebut dapat berjalan dengan tertib dan lancar, sehingga pada akhirnya mampu memberikan kontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat tatar galuh Ciamis,” harapnya.

Bupati juga menuturkan, sinergitas pencapaian visi misi agara camat sosialisasikan dengan Kepala Desa agar mengetahui RPJMD 2019-2024 dalam upaya mencapai visi misi Ciamis.

“Saya berharap semua pihak bekerjasama dalam mewujudkan visi misi Ciamis kedepannya”, pungkasnya.

Sementarai itu, Kepala Bappeda Ciamis Andang Firman menyampaikan tujuan diselenggarakan Forum Konsultasi Publik ini adalah untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan terhadap rancangan awal RKPD Kabupaten Ciamis Tahun 2021.

Dasar penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Ciamis Tahun 2021 adalah Peraturan Menteri dalam negeri 2021 adalah Permendagri no 86 tahun 2017 tentang Sistem Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Derah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencanan Pembangunan Jangka Menengah Daerah, serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencanan Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.

“Saya berharap hasil dari pelaksanaan Forum Konsultasi Publik rancangan awal RKPD Kabupaten Ciamis Tahun 2021 ini selain menjadi masukan untuk penyempurnaan Rancangan awal RKPD Kabupaten Ciamis Tahun 2021 juga sebagai masukan untuk penyempurnaan rancangan awal RENJA Perangkat Daerah Tahun 2021,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here