Beranda Daerah Bupati Dan Wakil Bupati Melawi Lakukan Kunker Ke Kecamatan Belimbing Hulu

Bupati Dan Wakil Bupati Melawi Lakukan Kunker Ke Kecamatan Belimbing Hulu

75
0

Melawi, Kalbar

Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa, bersama Wakil Bupati, Drs. Kluisen melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Belimbing Hulu, Senin (18/10/2021).

Kunjungan kerja Bupati dan Wakil Bupati Melawi ini digelar dalam rangka pembinaan penyelenggaraan pemerintahan kecamatan tahun 2021 dan diikuti juga oleh seluruh kepala desa se-Kecamatan Belimbing Hulu.

Hadir pada kegiatan tersebut anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Ritaudin, Wakil Ketua DPRD I Kabupaten Melawi, Hendegi Januardi Usfa Yursa, Wakil Ketua DPRD II Kabupaten Melawi, Taufik, beserta anggota DPRD Kabupaten Melawi Dapil Belimbing dan Belimbing Hulu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Melawi, Ny. Raisya Sarbina Dadi, serta para kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi.

Camat Belimbing Hulu, Seplek Murjonos, S.Pd., M.Si., dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas kunjungan yang dilaksanakan oleh Bupati, Wakil Bupati Melawi, dan jajaran Pemerintah Kabupaten Melawi di Kecamatan Belimbing Hulu.

“Kami ucapkan selamat datang kepada Bapak Bupati, Bapak Wakil Bupati, beserta seluruh rombongan di Kecamatan Belimbing Hulu. Kami sangat mengapresiasi atas kunjungan ini. Tentunya kami semua berharap Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati dapat memberikan arahan dan pembinaan serta bimbingan kepada kami semua di Kecamatan dan Desa agar lebih baik lagi kedepannya,” ucapnya.

Dalam laporannya, Camat Belimbing Hulu, Seplek menjelaskan profil lengkap Kecamatan Belimbing Hulu, mulai dari dasar hukum pembentukan kecamatan, jumlah desa yang ada di kecamatan Belimbimg Hulu, data SDM, kondisi infrastruktur, data sarana dan prasarana pendukung kantor, jumlah penduduk, data fasilitas pendidikan dan keagamaan, sarana dan prasarana pelayanan kesehatan, serta potensi wisata yang ada di kecamatan Belimbing Hulu.

Seplek juga menjelaskan, terkait vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Belimbing Hulu, dimana menurutnya saat ini sekitar 62,96 % masyarakat atau 4.202 jiwa telah menjalani vaksinasi dari target sasaran sebanyak 6.674 jiwa.

“Sebagai laporan kepada Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati, capain vaksinasi di kecamatan Belimbing Hulu telah mencapai 62,96% atau sebanyak 4.202 jiwa. Dan pada hari ini juga, di Puskesmas Tiong Keranjik kita melaksanakan gebyar vaksinasi dengan target sasaran 200 orang,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, Seplek menyampaikan aspirasi masyarakat terkait pembangunan infrastruktur khususnya jalan di Kecamatan Belimbing Hulu. “Masyarakat sangat berharap agar infrasftruktur khususnya di Belimbing Hulu bisa menjadi lebih baik lagi,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Melawi, H. Dadi Sunarta Usfa Yursa dalam sambutannya mengatakan, tujuan dilaksanakannya kunjungan kerja dalam rangka pembinaan penyelenggaraan pemerintahan kecamatan.
“Saya bersama Pak Wakil Bupati, Pak Drs. Kluisen melaksanakan kunjungan kerja dan tatap muka bersama masyarakat dan seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Belimbing Hulu dalam rangka silaturahmi, menampung dan melihat langsung kondisi masyarakat, sekaligus melakukan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan kecamatan,” ungkapnya.

“Pada kesempatan ini juga hadir anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Bapak Ritaudin, Wakil Ketua I dan II DPRD Kabupaten Melawi, anggota DPRD Dapil Belimbing dan Belimbing Hulu, dan para Kepala OPD. Jadi saya rasa ini menjadi bukti keseriusan kita semua dalam melakukan pembangunan ke arah yang lebih baik lagi ke depannya,” lanjutnya.

Bupati juga mengingatkan bahwa kunjungan kerja jangan hanya menjadi acara seremonial dan simbolis saja. Namun harus ada hasil yang dibawa sebagai bahan dalam menyusun program-program kerja untuk tahun mendatang.

“Saya tidak ingin kunjungan kerja ini hanya dilaksanakan sebagai acara seremonial atau simbolis aja. Tetapi harus ada hasil yang dibawa sebagai bahan dalam menyusun program-program kerja kita untuk tahun 2022 mendatang,” pintanya.

Dalam kesempatan tersebut juga, Bupati mengungkapkan saat ini pemerintah daerah mengalami sejumlah tantangan dalam menjalankan program-program pemerintahan dan pembangunan dikarenakan pandemi Covid-19.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, saat ini kita sedang menghadapi pandemi Covid-19 dimana banyak dampak yang ditimbulkan di berbagai bidang mulai dari kesehatan, pendidikan, ekonomi, maupun sosial. Dan tentunya pemerintah daerah juga diharuskan melakukan refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19,” ujarnya.

Namun demikian, Bupati meminta kondisi pandemi Covid-19 tidak boleh menyurutkan komitmen bersama dalam menjalankan pembangunan sesuai RPJMD Kabupaten Melawi Tahun 2021-2026 yang sudah ditetapkan.

“Saya mengajak kita semua untuk saling bersinergi, saling berpegangan tangan, saling bergotong royong dalam membangun Kabupaten Melawi yang adil, pantas, hebat, yang berlandaskan gotong royong, serta harmonis dalam keberagaman,” ungkapnya.

Terkait pembangunan infrastruktur di Kecamatan Belimbing Hulu, Bupati Melawi kembali menegaskan kelanjutan pembangunan jembatan Keberak.

“Jembatan Keberak tetap akan kita lanjutkan, karena rangkanya sudah terealisasi melalui bantuan dari Pemerintah Pusat, jadi tinggal diangkut saja ke Kabupaten Melawi. Untuk tahun depan, Pemda akan menganggarkan untuk pemasangan dan pengecoran jembatan. Jadi jangan percaya dengan berita-berita yang tidak benar. Termasuk pembangunan Jembatan Melawi 2, saya dan Pak Kluisen berkomitmen dalam menyelesaikan pembangunan jembatan tersebut,” tegasnya.

Terkait sarana prasana bidang pendidikan dan kesehatan, Bupati meminta penyebaran tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan harus merata di setiap kecamatan, termasuk pembangunan rumah dinas guru.

Menutup sambutannya, Bupati kembali mengingatkan Camat beserta jajarannya untuk aktif turun ke lapangan dan ke desa-desa dalam rangka melakukan pembinaan dan pengawasan.

“Saya minta Camat beserta jajarannya aktif ke desa-desa melihat kondisi langsung masyarakatnya, sekaligus melakukan pembinaan dan pengawasan ke desa-desa agar program kerja dan pembangunan benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat,” tutupnya.

Pada kesempatan tersebut juga Pemerintah Kabupaten Melawi memberikan bantuan Chromebook secara simbolis, suplemen ibu hamil, suplemen penambah darah, serta pembagian bantuan masker. (Rabi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here