Beranda Daerah Bupati Dukung Sensus Penduduk 2020 Di Kab Ciamis

Bupati Dukung Sensus Penduduk 2020 Di Kab Ciamis

308
0

Badan Pusat Statistik Kabupaten Ciamis melaksanakan kegiatan Konsolidasi dan Koordinasi Kegiatan Sensus Penduduk Tahun 2020, di Aula Adipati Kusumadiningrat Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, Senin (03/02/2020). Hadir dalam acara tersebut Bupati Ciamis, Dr.H.Herdiat Sunarya beserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat se-Kabupaten Ciamis

Ciamis | Dalam pemaparannya Kepala BPS Kabupaten Ciamis, H.Nevi Hendri, S,Si, MM menjelaskan, Pemerintah melalui Badan Pusat Statistik (BPS) pada Tahun 2020 akan melaksanakan Sensus Penduduk.

“Sensus penduduk ini bertujuan menyediakan data jumlah penduduk, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk Indonesia menuju satu data kependudukan Indonesia,” tuturnya.

Sensus penduduk kali ini, dilakukan dengan dua cara, pertama, Sensus Penduduk di lakukan secara Online yang dimulai pada tanggal 15 Februari hingga 31 Maret 2020.

“Dengan cara sistem online tersebut di harapkan masyarakat berperan aktif dan diminta mengisi data diri secara mandiri di tautan http://sensus.bps.go.id,” terangnya.

Untuk sistem secara online dibutuhkan dokumen KK/Kartu Keluarga dan Nomor akta nikah/cerai (optional) untuk dapat mengisi link tersebut.

Setelah itu terdapat sekitar 21 pertanyaan yang akan diisi oleh penduduk untuk setiap kepala keluarga, Masyarakat diharapkan dapat mengisikan data anggota keluarganya.

Adapun cara kedua adalah Sensus Penduduk Wawancara yang akan dilakukan pada Juli 2020. Pada cara ini masyarakat akan didatangi oleh petugas sensus ke rumah-rumah penduduk.

Masyarakat yang memiliki keterbatasan akses internet bisa menggunakan cara Sensus Penduduk Wawancara.

“Dua cara tersebut dilakukan untuk memastikan tidak ada penduduk yang terlewat di data dalam Sensus Penduduk 2020,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Ciamis untuk memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan Sensus Penduduk 2020.

Bupati Ciamis juga mengajak masyarakat Kabupaten Ciamis untuk berpartisipasi aktif dalam Sensus Penduduk 2020.

“Dibutuhkan kesadaran dan partisipasi masyarakat yang tinggi dalam memberikan data dan informasi kependudukan yang akurat,” jelasnya.

Ditambahkan Bupati Herdiat, “data kependudukan yang berkualitas menjadi pijakan bagi pemerintah dan pemangku kepentingan dalam perencanaan dan evaluasi pembangunan,” singkatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here