Beranda Daerah Bupati Purwakarta Buka Diklat Kepemimpinan Pengurus OSIS

Bupati Purwakarta Buka Diklat Kepemimpinan Pengurus OSIS

49
0
Selamat Hari Jadi Kabupaten Sukabumi Yang Ke -151

Purwakarta, Jabar

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menghadiri Diklat Kepemimpinan Siswa untuk Pengurus Osis Jenjang SMA/SMK/MA Kabupaten Purwakarta yang bertempat di Batalyon Armed 9 Kostrad, Kamis 29 April 2021.

Dalam sambutannya Ambu Anne mengatakan Indonesia akan genap berusia 100 tahun pada tahun 2045. Di usia satu abad itu, diharapkan Indonesia mengalami kemajuan luar biasa mengingat memiliki bonus demografi yang melimpah.

Ia menuturkan, Indonesia berpeluang masuk menjadi lima negara di dunia dengan ekonomi terbesar. Sebagai Negara dengan jumlah penduduk keempat terbanyak saat ini, Indonesia pantas berada di deretan teratas negara-negara di dunia.
Termasuk di Kabupaten Purwakarta yang hari ini sesuai dengan Sensus Penduduk 2020 bahwa Generasi milineal menjadi urutan pertama.

Bila dijumlahkan maka mayoritas di Kabupaten Purwakarta hampir 70 persen dari seluruh penduduk di Kabupaten Purwakarta adalah generasi muda yang menjadi bonus demografi.

“Kalau hari ini kebijakan tidak mengarah kepada pembinaan maka bonus demografi di Kabupaten Purwakarta ini akan menjadi sia-sia,” kata Ambu Anne.

Maka dari itu perlu langkah dan upaya dari Pemerintah dan seluruh stakeholder termasuk masyarakat dan anak-anak kita yang termasuk di dalamnya, sebagai Negara dengan jumlah penduduk terbesar ke empat di dunia, Indonesia pantas berada di deretan teratas Negara-negara di Dunia.

“Hal itu bisa terwujud apabila sejak saat ini pemerintah bersama dunia swasta dan segenap stakeholder mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul,” ujarnya.
Menurut Ambu Anne, pembangunan pendidikan adalah kunci untuk membentuk sumber daya manusia yang mumpuni yang mana perlu di mulai dari pembinaan peserta didik di satuan pendidikan melalui kegiatan organisasi OSIS.

“Salah satu jalur pembinaan peserta didik dalam organisasi adalah latihan kepemimpinan sebagai upaya penanaman siswa sejak dini serta memberikan karakter bagi siswa, rangkaian kepimpinan siswa sangat penting untuk meningkatkan sumber daya manusia khususnya generasi muda,” ujarnya.

Pada Kesempatan tersebut, secara langsung Ambu Anne membuka kegiatan Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan Pengurus OSIS Jenjang SMA/SMK/MA Kabupaten Purwakarta tahun 2021. Kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Kegiatan juga dihadiri oleh Komandan Yon Armed 9 Pasopati Purwakarta, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Ketua Umum dan jajaran Pengurus Jawa Barat Bergerak Kabupaten Purwakarta, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purwakarta dan Peserta Diklat Kepemimpinan Pengurus OSIS Jenjang SMA/SMK/MA Kabupaten Purwakarta.

“Mudah-mudahan kegiatan seperti ini akan terus berlangsung dan diharapkan anak-anak di Kabupaten Purwakarta kedepan akan menjadi pemimpin di tempatnya masing-masing,” demikian Ambu Anne. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here