Beranda Daerah Camat Tambaksari Instruksikan Seluruh Kepala Desa Dukung Sensus Penduduk 2020

Camat Tambaksari Instruksikan Seluruh Kepala Desa Dukung Sensus Penduduk 2020

12

Rapat Koordinasi Tingkat Kecamatan (Rakorcam) Sensus Penduduk 2020 di Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis. Hadir dalam acara tersebut Camat Kec.Tambaksari, Dadang Heryana,SH, Kapolsek dan Danramil beserta seluruh kades se-Kec.Tambaksari, Ketua MUI dan utusan UPTD P5A kecamatan setempat, Juga hadir Tim BPS Kabupaten Ciamis, Ketua Korwil SP2020, Dadang Darmansyah, S.Si, MM dan Koordinator Statistik Kecamatan (KSK), Dindin Maeludin, SE, di Gedung PGRI UPTD Tambaksari, Rabu (12/02/2020).

Ciamis | Dalam sambutannya Camat Kec. Tambaksari Dadang Heryana mengatakan yang intinya, Dirinya atasnama Kecamatan Tambaksari menginstruksikan kepada seluruh Kepala Desa dan UPTD terkait  untuk mendukung sepenuhnya kegiatan Sensus Penduduk 2020,baik Sensus Penduduk Online yang akan dilaksanakan tanggal 15 Feb-31 Maret 2020, maupun Sensus Penduduk Wawancara tanggal 1-31 Juli 2020. “Dengan dua cara tadi diharapkan tidak ada penduduk Kec.Tambaksari yang tidak di data”, tuturnya.

Di tambahkan Dadang, dalam sambutannya.Diakui jangkauan sinyal seluler di wilayah Kec.Tambaksari terbatas. Kendati demikian Ia optimis, “capaian Sensus Penduduk Online di Kecamatan Tambaksari melebihi 30 persen,” tegasnya.

Ditambahkannya, “berharap hasil sensus penduduk 2020 dapat menjadi jalan menuju satu data kependudukan Indonesia yang dapat memenuhi berbagai kepentingan yang terkait data kependudukan,” pungkasnya.

Di beritakan sebelumnya di media Bhayangkarautama.com, Rapat konsolidasi dan kordinasi antara BPS dan Pemkab Ciamis yang di hadiri langsung oleh Bupati Ciamis Dr H.Herdiat Sunarya. Dalam pemaparannya Kepala BPS Kabupaten Ciamis,H.Nevi Hendri, S,Si, MM menjelaskan Pemerintah melalui Badan Pusat Statistik (BPS) pada Tahun 2020 akan melaksanakan Sensus Penduduk.

“Sensus penduduk ini bertujuan menyediakan data jumlah penduduk, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk Indonesia menuju satu data kependudukan Indonesia,” tuturnya.

Sensus penduduk kali ini, dilakukan dengan dua cara yaitu Cara pertama, Sensus Penduduk dilakukan secara Online  yang  dimulai pada tanggal 15 Februari hingga 31 Maret 2020.

BACA JUGA :  Personil Polres Madina dan Tokoh Pemuda Berikan Sembako Kepada Nenek Kholizah

“Dengan cara sistem online tersebut di harapkan masyarakat berperan aktip dan diminta mengisi data diri secara mandiri di tautan http://sensus.bps.go.id,” terangnya.

Untuk sistem secara online dibutuhkan dokumen KK/Kartu Keluarga dan Nomor akta nikah/cerai (optional) untuk dapat mengisi link tersebut.

Setelah itu terdapat sekitar 21 pertanyaan yang akan diisi oleh penduduk untuk setiap kepala keluarga “Masyaralat diharapkan dapat mengisikan data anggota keluarganya”.

Adapun cara kedua adalah Sensus Penduduk Wawancara yang akan dilakukan pada Juli 2020. Pada cara ini masyarakat akan didatangi oleh petugas sensus ke rumah-rumah penduduk. Masyarakat yang memiliki keterbatasan akses internet bisa menggunakan cara Sensus Penduduk Wawancara.

“Dua cara tersebut dilakukan untuk memastikan tidak ada penduduk yang terlewat di data dalam Sensus Penduduk 2020,” pungkasnya.

Facebook Comments