Beranda Daerah Cegah Banjir, Normalisasi Sungai Batang Lembang di Kinari Rampung

Cegah Banjir, Normalisasi Sungai Batang Lembang di Kinari Rampung

372
0

Solok,- Perhatian tertuju pada aliran sungai Batang Lembang di Kinari yang terkena dampak cukup parah setiap kali musim hujan tiba, air yang tak mampu ditampung oleh sungai itu masuk ke pemukiman penduduk di Kinari dan Muara Panas. Akibatnya, banjir tidak dapat terelakkan.

Seperti sudah lumrah menggenangi. Limpasan air mengalir cepat tak terbendung. Tidak kurang dari 15 menit, tinggi air menggenangi rumah penduduk setempat, Nagari Kinari dan Muaro Paneh memang rentan terkena dampak banjir apabila musim hujan tiba. Hal itu diungkapkan oleh Mak Surau (54) warga Nagari Kinari, beberapa waktu lalu.

Kata dia, setiapkali musim hujan tiba, Nagari Kinari dan Muara Panas terkena dampak meluapnya air dari Sungai Batang Lembang itu.

Dari sejumlah sumber di Kinari diketahui bahwa keberadaan sampah di dasar sungai merupakan penyumbang terbesar terjadinya pendangkalan aliran Batang Lembang, tak dapat dipungkiri, disekitar Nagari itu memang tak terlihat keberadaan bak sampah sehingga memungkinkan masyarakat dan warga sekitar membuang sampah di sungai.

Kalau bisa, pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Solok dapat menyediakan 1 bak sampah di 1 jorong yang tersebar di Nagari Kinari maupun Nagari Muara Panas,” demikian dikatakan Mak Surau pada media ini.

Menyikapi hal ini, Ivoni Munir, Ketua Fraksi PAN di DPRD Kabupaten Solok yang berhasil dikonfirmasi mengungkapkan keprihatinannya atas kondisi itu, sehingga ia mendorong pemerintah kabupaten solok dapat melakukan normalisasi batang lembang, khususnya di Kinari.

Alhamdulillah, berkat kerja keras semua pihak, setelah dikerjakan selama 12 hari ini normalisasi batang lembang di Kinari selesai dilakukan, hal itu atas kerja sama semua pihak dengan pemkab solok,”papar putera nagari Kinari yang juga Alumni Farmasi FMIPA Universitas Andalas itu.

Ivoni Munir juga mengungkapkan normalisasi batang lembang ini perlu dilakukan guna mencegah banjir di masa mendatang, kemudian kata dia, proses normalisasi di Nagari Kinari perlu disegerakan karena merupakan pertemuan tiga anak sungai yakni dari arah Koto Anau, Parambahan dan Bungo Harum Sawah Sundi Kinari.

Lebih lanjut dikatakan Ivoni Munir, tingginya curah hujan bukan satu penyebab dari meluapnya air ke pemukiman warga setempat, menurut dia, selain curah hujan tinggi, sedimentasi dan penyempitan sungai, serta hunian padat menghambat laju air di daerah aliran sungai meningkatkan resiko.

Karena itu kita perlu mendorong normalisasi batang lembang dan insha allah kita akan usul kepada pemkab solok melalui Dinas terkait untuk dapat menyediakan bak sampah di setiap jorong yang ada di Kinari dan Muara Panas,”pungkas dia.

Ketua Badan Permusyawaratan Nagari Kinari Adrizal Mantari Alam mengucapkan terimakasih kepada Ivoni Munir yang telah berjuang mendorong Pemkab Solok dalam kegiatan normalisasi batang lembang di Kinari.

Atasnama Masyarakat Kinari, kami berterimakasih atas jerih payah Bapak Ivoni Munir dan Pihak Pemkab Solok yang telah mengusahakan kegiatan normalisasi batang lembang ini sehingga kedepan jika musim hujan tiba, warga disini dapat sedikit bertenang diri karena tak perlu khawatir air merendam pemukiman warga kita,”ungkap Adrizal.

Senada dengan Adrizal, Wali Nagari Kinari Yandrifa Sampono Bumi mengungkapkan rasa terimakasihnya pada perhatian DPRD Kabupaten Solok dan Pemkab.

Dengan ini (normalisasi,-red), atasnama warga Kinari kami bersyukur mendapat perhatian serius dari Pihak DPRD dan Pemkab Solok, selama ini, normalisasi ini yang ditunggu warga kita, berkat adanya Bapak Ivoni Munir di DPRD beliau mendorong pembangunan batang lembang ini sehingga dapat mengurangi kekhawatiran kita akan banjir bila musim hujan tiba,”ucap Yandrifa dengan raut wajah gembira.

Ketika dikonfirmasi lebih lanjut kepada Ivoni Munir tentang proses normalisasi batang lembang ini ia mengatakan akan terus mendorong prosesnya, terlebih untuk aliran sungai yang berada di Muara Panas seperti di Balai Pinang.

Kita sudah sampaikan pada Pemkab Solok melalui Dinas PUPR yakni Kepala Dinas Bapak Syaiful, ST, MT didampingi Kabid Sumberdaya Air Bapak Nopelius Tanjung, ST ,”jelas pria berkaca mata yang akrab disapa Mak Poni itu dengan senyum ramah yang khas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here