Beranda Angkatan Darat Cegah DBD Personil TNI Melaksanakan Kegiatan Kerja Bhakti

Cegah DBD Personil TNI Melaksanakan Kegiatan Kerja Bhakti

26
0

Menindak lanjuti kasus DBD di Kabupaten Ende dan NTT secara umum,  TNI dan masyarakat serta instansi terkait bergotong royong membersihkan lingkungan disekitar pemukiman warga dikelurahan Mautapaga, Sabtu, (14/03/2020).

Ende, NTT | Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian jajaran TNI terhadap lingkungan sekitar dengan melibatkan masyarakat serta instansi terkait.

Dandim 1602 Ende, Melalui Pasi Intel Riky Mesak, menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mencegah timbulnya penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang tidak bersih dan kotor.

“Kegiatan ini serentak kami lakukan dengan melibatkan masyarakat dan instansi terkait dan kegiatan ini kita akan lakukan secara berkelanjutan,” jelas Riky Messak.

Riky menyebutkan, kegiatan bersih-bersih yang dilakukan merupakan salah satu perwujudan dari perilaku hidup sehat bersih dan peduli serta ramah lingkungan, dan juga untuk mencegah penyakit salah satunya  DBD.

“Kita ciptakan lingkungan yang bersih, apalagi sekarang lagi maraknya pemberitaan tentang penyebaran penyakit DBD serta kegiatan bersih-bersih ini kita lakukan sebagai upaya pencegahan wabah  DBD,” tegas Riky.

Lanjut dia, dalam kegiatan bersih-bersih ini jajaran Anggota TNI melakukan pembersihan di setiap sudut dan selokan, hingga ke tempat-tempat pemukiman warga.

Tak hanya jajaran anggota TNI, namun pelaksanaan kegiatan kerja bakti bersih-bersih di lingkungan sekitar hingga ke tempat-tempat umum lainnya dapat dilakukan secara terus menerus oleh warga masyarakat sendiri sehingga lingkungannya tetap bersih, Himbau Riky.

Sementara itu warga Kelurahan Mautapaga yang juga Ketua Karang Taruna, Valen Leta yang ikut dalam kegiatan kerja bakti tersebut mengatakan, “Kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian dari TNI, terhadap wabah penyakit DBD yang saat ini terjadi dikabupaten Ende, dan sebagai warga masyarakat kami menyampaikan terima kasih, karena kegiatan ini, TNI sebagai penggerak sehingga kami warga masyarakat turut serta dan berpartisipasi langsung dalam kegiatan bakti sosial ini dan banyak warga masyarakat yang terlibat langsung bersama TNI dalam kegiatan Kerja Bakti tersebut,” ungkap Valen.

Selain itu, kegiatan serupa juga dilaksanakan oleh personil Polres Ende untuk mengantisipasi bahaya Demam Berdarah Douge (DBD) dan Virus Corona (Covid-19).

Porsonil gabungan Kepolisian Resor Ende dan Personil Kodim 1602 Ende, menggelar kegiatan kerja bakti lingkungan.

Kegiatan ini, dipimpin langsung oleh Kapolres Ende, Ahmad Muzayin, SIK. Tujuannya, untuk mencegah agar tidak terserang bahaya Virus Corona (Covid 19) dan Demam Berdarah (DBD).

Berdasarkan dengan Surat Telegram Kapolri Nomor : STR/121/III/PAM.3./2020 Tanggal 13 Maret 2020, tentang Deteksi Giat Kerja Bakti secara Masif berkaitan Wabah Virus Corona.

Menanggapi hal itu, Achmad Muzayin mengatakan Kejadian Luar Biasa Nasional Covid – 19 ( Virus Corona ) dan Kejadian Luar Biasa Daerah ”Demam Berdarah” untuk menggelar aksi kebersihan di area Publik.

Achmad Muzayin mengatakan, kegiatan kebersihan dilaksanakan di tempat publik, khususnya di lima titik area yang menjadi basis keramaian dalam Kota Ende.

“Diantaranya, Pasar Potulando Ende, Masjid Agung Nurul Hidayah Ende, Gereja Mautapaga Ende, Bandar Udara H. H. Aroeboesman Ende, dan Gereja Syalom Ende,” papar Muzayin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here