Beranda Pendidikan Dankodiklat TNI AL: Profesionalisme Pengawak Alutsista Menentukan Keberhasilan Tugas

Dankodiklat TNI AL: Profesionalisme Pengawak Alutsista Menentukan Keberhasilan Tugas

180
0

Sidoarjo, Jatim

Keberhasilan tugas TNI Angkatan Laut tidak hanya ditentukan kehebatan teknologi alutsistanya, namun sangat bergantung juga pada keunggulan dan profesionalisme prajurit selaku pengawak alutsista TNI AL. Demikian disampaikan Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal), Laksamana Madya TNI Nurhidayat pada upacara pelantikan dan penyumpahan siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan XLI/1 di lapangan Kawah Candramuka Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Kodiklatal Juanda, Sidoarjo, Jumat (7/1/2022).

Lebih lanjut Dankodiklatal menyampaikan bahwa Peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi bagian kebijakan utama pemimpin TNI AL. Setiap program pendidikan yang diselenggarakan, Kodiklatal terus berupaya menghasilkan output prajurit matra laut yang profesional, yang memenuhi standar kompetensi, memiliki karakter tangguh dengan mental kejuangan tinggi, serta mampu menjawab setiap tantangan tugas ke depan yang semakin kompleks dan dinamis serta siap ditempatkan, baik di satuan operasi KRI dan batalyon maupun di staf.
Siswa Dikmata TNI AL yang disumpah dan dilantik ini sebanyak 823 orang terdiri 300 orang Korps Pelaut, 250 orang korps Marinir dan 273 orang terdiri Korps Teknik, Elektronika, Suplai, Kesehatan, Jas, Musik dan Pomal. Setelah upacara pelantikan dan penyumpahan selanjutnya para siswa ini akan menempuh Pendidikan Dasar Golongan Lanjutan (Diksargolan) sesuai korps yang dimiliki di tiga Komando Pendidikan (Kodik) di bawah Kodiklatal.

Ketiga Kodik tersebut adalah Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) yang berlokasi di Ujung untuk korps Pelaut, Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) yang berlokasi di Gunungsari untuk korps Marinir dan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) yang berlokasi di Morokrembangan untuk korps Teknik, Elektronika, Suplai, Korps Kesehatan, Jas, Musik dan korps Pomal.

Hadir dalam penutupan tersebut Wadan Kodiklatal Laksda TNI Agus Hariadi, Danpusnerbal Laksda TNI Edwin, Inspektur Kodiklatal, Kapokgadik Kodiklatal, para Direktur dan para Komandan Kodik di jajaran Kodiklatal. Selain itu hadir pula Kadispsial dan Komandan Pasmar 2 Surabaya. (Sun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here