Beranda Daerah DD 2020 Fokus Pencegahan Covid-19 Dan Padat Karya Tunai

DD 2020 Fokus Pencegahan Covid-19 Dan Padat Karya Tunai

147
0

Menanggapi wabah Covid-19 yang sudah menjadi pandemi global berdampak serius pada sendi-sendi ekonomi dan kesehatan masyarakat desa. Sebagai upaya dalam mengantisipasinya Dana Desa agar diprioritaskan untuk memperkuat sendi-sendi ekonomi melalui padat karya tunai dan penguatan kesehatan melalui upaya penecegahan dan penanganan Covid-19.  

Ciamis, Jabar | Demikian dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Ciamis, Dian Kusdiana, saat media ini mewawancarainya melalui sambungan celulernya, Senin (06/04/2020).

Menurutnya, Dana Desa (DD) tahap satu bisa digunakan untuk memperkuat sendir-sendi ekonomi dan kesehatan dampak Covid-19 tersebut harus menempuh mekanisme, yaitu terlebih dahulu melalui perubahan anggaran desa bersama BPD setempat.

Diakuinya, pihaknya telah membuat surat untuk desa agar mengalokasikan belanja kebutuhan pencegahan Covid-19 tersebut sesuai Surat Edaran Bupati dan surat Plt Kadis PMD yang merujuk pada Surat Edaran Mendes No 8 Tahun 2020.

“Surat Edaran tersebut mengisyaratkan agar DD bisa digunakan untuk pencegahan Covid-19 dan padat karya tunai yang tepat sasaran,” terangnya.

Pihaknya berharap, desa bisa melaksanakan sesuai mekanisme dan aturan yang ada dalam melaksanakan perubahan anggaran, serta bijak dalam menggunakan DD disesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

“Dalam pelaksanaan pengalihan anggaran, Desa juga diharapkan tidak sporadis. Bisa diambil dari kegiatan pemberdayaan dianggaran yang telah dianggarkan,” paparnya.

Dijelaskannya, untuk padat karya tunai dilakukan secara swakelola dengan penggunaan sumber daya alam, teknologi tepat guna, inovasi dan sumber daya manusia. Para pekerjanya diprioritaskan bagi anggota keluarga miskin, pengangguran dan setengah pengangguran serta warga marjinal lainnya dengan upah dibayarkan setiap hari.

Sedangkan untuk penanganan dibidang kesehatan, Desa harus membentuk Tim Relawan Desa Tanggap Covid-19 yang kegiatannya pencegahan dan penanganan seperti menyiapkan kebutuhan perlengkapan penanganan Covid-19.

Saat ditanya media ini terkait Desa yang sudah menerima kucuran DD tahap pertama ditahun 2020, Ia menjelaskan, “dari 258 Desa yang ada di Kabupaten Ciamis,saat ini baru 15 Desa yang sudah mencairkan DD yang lain sedang dalam proses,”pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here