Beranda Daerah Demo Warga Di Lokasi PT. Energi Unggul Persada Berakhir Ricuh

Demo Warga Di Lokasi PT. Energi Unggul Persada Berakhir Ricuh

239
0
Selamat Hari Jadi Kabupaten Sukabumi Yang Ke -151

Mempawah, Kalbar

Demo masyarakat di PT. Energi Unggul Persada (EUP), di desa Sei Limau, berakhir ricuh, Rabu (10/2/2021). Pasalnya, masyarakat keberatan atas pembuangan limbah oleh salah satu perusahaan sawit di Kab. Mempawah di lingkungan masyarakat.

Masyarakat desa Sei Limau melakukan demo ke perusahaan PT. EUP yang diduga melakukan pembuangan limbah sawit langsung ke permukiman masyarakat. Hal ini membuat masyarakat resah akibat limbah yang dibuang secara manual ke permukiman masyarakat. Limbah ini menimbulkan dampak yang sangat merugikan masyarakat, menimbulkan berbagai dampak seperti tanaman masyarakat tidak bisa produktif dan ekosistem habitat di kehidupan masyarakat sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari, belum lagi dampak kesehatan kepada masyarakat yang berdomisili di lingkungan sekitar pabrik PT. EUP.
Masalah ini sudah pernah dimusyawarahkan dengan mediasi beberapa kali di kantor Camat Sei Kunyit, dihadiri Kapolsek serta beberapa unsur tokoh masyarakat, namun tidak pernah digubris oleh pihak PT. EUP. Pemerintah Prov. Kalimantan Barat pun telah menurunkan tim dari Dinas Lingkungan HIdup Provinsi dan melihat langsung ke lokasi. Namun sampai detik ini belum ada keterangan dari pihak terkait untuk memberitahukan hasil dari investigasi dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalbar.

Dari demo yang terjadi pada hari Rabu (10/2/2021), terjadi ricuh dengan aparat penegak hukum sehingga menimbulkan pemukulan kepada beberapa masyarakat Sei Limau.

 

Dari beberapa informasi yang didapat tim DPN Lidik Krimsus RI, bahwa salah satu anggota Koramil pingsan saat menghadapi demo masyarakat, dan anggota kepolisian dari Polres Mempawah sempat melakukan pemukulan dan kericuhan kepada masyarakat yang melakukan demo, karena masyarakat melakukan pencegatan terhadap mobilitas angkutan dari perusahaan.

Dalam peristiwa ini, tim DPN Lidik Krimsus RI.sampai hari ini masih melakukan investigasi terhadap fakta-fakta yang ada di lingkungan masyarakat Sei Limau, info didapat dari masyarakat yang enggan disebutkan namanya. (Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here