Beranda Daerah Di Penghujung Akhir Tahun 2019 Bupati Ciamis Ajak Masyarakat Untuk Ber Muhasabah

Di Penghujung Akhir Tahun 2019 Bupati Ciamis Ajak Masyarakat Untuk Ber Muhasabah

76
0

Dewan Kemakmuran Mesjid Agung Ciamis Bekerjasama dengan Dewan Kemakmuran Masjid (DMI) Kabupaten Ciamis menggelar Kajian Akhir Tahun, Selasa (31/12) di Masjid Agung Ciamis.

Ciamis | Kegiatan kajian akhir tahun diselenggarakan dalam rangka menyambut Tahun Baru 2020 dengan mengangkat tema Spirit Generasi Milenial Dalam Menjungjung Tinggi Nilai-Nilai Islam Harmonis dan Humanis.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Ciamis, Dr. Herdiat Sunarya bersama Wakil Bupati Ciamis, Yana D, Para Kepala SKPD, para pelajar, mahasisiwa, Forum Kajian Islam Kabupaten Ciamis, Biker Subuhan Ciamis dan mayarakat sekitar Ciamis.

Photo : Humas Pemkab Ciamis

Bupati Ciamis dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada panitia dan ketua DKM Mesjid Agung yang telah berinisiatif melaksanakan kajian ilmiah terkait ke-Islaman.

“Dalam menyongsong tahun baru masehi, kita semua harus saling meng-evaluasi dan meng-instrospeksi diri terkait apa yang sudah diberikan sepanjang hidup untuk kebaikan pribadi, umat dan masyarakat,” tuturnya.

Dikatakan Herdiat sebagai manusia selayaknya mengevaluasi tahunan seperti tutup buku.

“Kalau kebaikan lebih sedikit dari keburukan kita harus siap berubah untuk lebih baik lagi, kita harus melakukan kebaikan, berlomba-lomba dalam beribadah seolah-olah mati besok,” jelasnya.

Herdiat menjelaskan, tidak ada larangan merayakan tahun baru, asalkan tidak berlebihan apalagi mengganggu orang lain, apalagi diri sendiri.

“Kita selenggarakan secara sederhana, kita rayakan tahun baru dengan perbanyak berdoa dan berkasih sayang dengan sesama umat saling tolong menolong terutama kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi agar mengubah kehidupan kita lebih baik dan maju,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan menjadi para pemuda yang hadir dalam kegiatan ini menjadi generasi qurani dan generasi berakhlak mulia” Harapnya.

Photo : Humas Pemkab Ciamis

Sementara itu, Ketua Panitia, Syarif Nurhidayat mengatakan tujuan diselenggarakan kegiatan Kajian Akhir Tahun ini bisa membuat kita Istiqomah mengkaji nilai-nilai Al Qur’an.

“Kegiatan ini diselenggarakan atas dasar surat edaran Bupati tentang pergantian tahun baru 2020, untuk bermuhasabah dan berintrospeksi diri yang dilaksanakan mulai pukul 18.00 s.d 06.00 WIB.

Syarif menjelaskan, kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasaman  DKM, DMI dan Forum Lintas Komunitas Ciamis.

“Adapun tujuan kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi antar lintas komunitas dalam upaya menciptakan Ciamis kondusif dalam rangka pergantian tahun 2019 ke Tahun 2020,” ujar Syarif.

Ketua DMI Kabupaten Ciamis, Dr. H. Wawan S. Arifin dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan kajian ini diselenggarakan sebagai upaya Muhasabah akhir tahun.

“Pergantian tahun semoga menjadikan kita orang-orang lebih baik dimasa mendatang”, terangnya.

Wawan menambahkan, sesuai intruksi dari surat edaran Bupati Ciamis kami meramaikan kegiatan dimesjid-mesjid Kabupaten dan Kecamatan.

“Kajian akhir tahun ini juga sebagai upaya meningkatkan Ukhuwah Islamiyah, dalam mengentaskan permasalahan terkait mental dan moral pemuda Ciamis,” ungkapnya.

“Banyak ide-ide Bupati terkait keagamaan seperti maghrib mengaji dan sholat berjamaah semoga terobosan tersebut mampu di implementasikan dalam kehiduan kita sehari-hari,” terang Wawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here