Diduga Akibat Kurang Pengawasan dari Dinas PUTR, Saluran Irigasi Seumur Jagung Ambruk

0
26

Rehabilitasi jaringan irigasi permukiman yang baru satu bulan selesai dikerjakan ambruk diterjang air. Melihat kondisi irigasi tersebut, patut diduga dikerjakan asal-asalan.

Purwakarta, Jabar // Ambruknya saluran irigasi tersebut diduga akibat kualitas dan kuantitas yang dilaksanakan oleh pihak rekanan dari Dinas PUTR sangat buruk serta kurangnya pengawasan dari Dinas PUTR. Terbukti hal itu terlihat dari adanya kerusakan fisik pada irigasi yang ambruk.

Medi, warga setempat yang rumahnya berada di sisi lokasi irigasi mengalami kerugian materi, pasalnya, hewan peliharaannya mati terbawa air akibat ambruknya irigasi tersebut.

“Entok sama Soang saya mati terbawa air dikarenakan bangunan irigasinya ambruk, bukan cuma Entok sama Soang aja, telornya juga pada habis kebawa air,” ujar Medi kepada awak media, Sabtu (06/1/2024).

Dikatakan Medi, air yang masuk ke rumah mencapai ketinggian satu meter sehingga kandang Entok dan Soang miliknya terendam air. Sembari berharap ada etikat baik dari pihak pelaksana untuk mengganti atas kerugian yang dialaminya.
“Air yang masuk ke rumah saya tingginya satu meter makanya kandang Entok sama Soang saya terendam. Saya ingin ada ganti rugi dari pihak pelaksana kegiatan, soalnya 45 ekor hewan peliharaan saya mati, Entok 41 ekor dan Soang 4 ekor, itu belum sama telornya, kalau ditotal kerugian saya Rp 700.000 (Tujuh ratus ribu rupiah),” ucap Medi, sembari berharap ada ganti rugi dari pihak pemborong.

Seperti diketahui, Proyek Rehabilitasi jaringan irigasi permukiman yang berlokasi di Jalan Kemuning Kelurahan Nagrikaler, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta, dikerjakan oleh CV. Dinna Fajar dengan nilai kontrak Rp 184.828.000 (Seratus delapan puluh empat juta delapan ratus dua puluh delapan ribu rupiah) yang bersumber dari APBD T.A 2023, dengan nomor kontak 73/SPK.SDA.PL.RHI18/DPUTR/lX/2023, waktu pelaksanaan 45 hari kalender.

Hingga berita ini naik ke meja redaksi, baik pihak pelaksana maupun dari DPUTR Kabupaten Purwakarta belum dapat dikonfirmasi. (Jim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here