Diduga Akibat Lemahnya Pengawasan, Proyek TPT di Desa Ciheulangtonggoh Ambruk

0
113

Diduga akibat kualitas pekerjaannya buruk, tembok penahan tanah (TPT) yang berlokasi di ruas jalan Ciheulangtonggoh, Kp. Bungbulang ambruk.

Sukabumi, Jabar // TPT tersebut tepatnya di Desa Ciheulangtonggoh, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat yang menggunakan sumber dana DPA SKPD TA. 2023 Dinas Pekerjaan Umum (PU), dilaksanakan oleh CV. Cahaya Abadi dengan alokasi anggaran sebesar Rp.185.383.000, baru selesai dibangun sudah mengalami ambruk diduga kurangnya galian pondasi dan pemakaian semenisasi.

Informasi yang dihimpun awak media, ambruknya proyek tembok penahan tanah (TPT) diakibatkan dari meluapnya saluran air saat curah hujan deras, kata warga, Senin (20/11/2023).

Menurut Ponok sebagai pelaksana lapangan saat di konfirmasi, ambruknya tembok penahan tanah (TPT) itu diakibatkan meluapnya air dari saluran parit karena curah hujan yang deras.
“Kami mengerjakan pembangunan tersebut sudah sesuai spek dan RAB, dan ambruknya tembok penahan tanah (TPT) maka perusahaan yang akan bertanggung jawab untuk memperbaikinya lagi,” ucapnya.

Menurut Sudarno, Kepala UPTD wilayah ll Dinas PU Kabupaten Sukabumi saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, membenarkan ambruknya tembok penahan tanah (TPT) karena diakibatkan meluapnya saluran air selokan yang berada di dekat TPT saat intensitas curah hujan tinggi.

“Kami sudah memanggil pihak CV atau rekanan, dan pihak pelaksana siap bertanggungjawab untuk memperbaikinya lagi dengan syarat air jangan ada kesitu,” ungkapnya.

Hary Akbar selaku pemerhati pembangunan Kabupaten Sukabumi yang juga sebagai penggiat media sosial saat dimintai tanggapannya mengatakan, bahwa ambruknya Tembok Penahan Tanah (TPT) yang baru selesai dikerjakan beberapa bulan tersebut diduga akibat lemahnya pengawasan dari dinas terkait dan kurangnya kwalitas bahan material (semenisasi).

Lanjutnya, yang mana dalam hal ini pihak CV diduga ingin meraup keuntungan yang lebih besar, sehingga mengurangi kualitas pekerjaan. (Heri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here