Beranda Daerah Diduga Anggota BPD Miliki Ijazah Palsu

Diduga Anggota BPD Miliki Ijazah Palsu

1105
0
RSUD Tobelo

Muarabungo, Jambi

Salah satu anggota BPD Dusun Air Gemuruh, Kec. Bathin III, Kab.Bungo periode 2018-2024, diduga tidak memiliki ijazah formal untuk menduduki jabatan selaku anggota BPD.
Ketentuan tersebut termaktup jelas dalam pasal 13 huruf (d) Permendagri Nomor 110 tahun 2016 tentang BPD, bahwasanya salah satu persyaratan menjadi anggota BPD adalah berpendidikan paling rendah tamat sekolah menengah pertama/sederajat.

Anggota BPD aktip Dusun Air Gemuruh, M. Sauri Z., diduga tidak memiliki ijazah pendidikan formal untuk menduduki jabatan selaku anggota BPD, bahkan pada saat tahap penyaringan dan penjaringan, M. Sauri Z dan Efendi Ibrahim (ketua BPD saat ini) tidak lolos dalam seleksi penyaringan dan penjaringan yang dilaksanakan pada tingkat Kampung  (Kesatuan wilayah yang berada dalam suatu Dusun).

Pada awalnya, panitia pemilihan BPD yang diketuai oleh M. Firdaus (anak kandung dari Efendi Ibrahim), menetapkan jumlah gasal BPD dusun Air Gemuruh adalah 7 orang, berdasarkan jumlah penduduk dusun Air Gemuruh. Namun dikarenakan M. Sauri Z. dan Efendi Ibrahim tidak lolos seleksi, maka panitia merubah jumlah gasal menjadi 9 orang tanpa dasar yg jelas. Akhirnya atas kebijakan Ketua Panitia tanpa dasar yang jelas, kedua orang tersebut dapat menjadi anggota BPD Dusun Air Gemuruh saat ini.

Bahkan saat ini anggota BPD Dusun Air Gemuruh juga dijabat oleh Honorer aktif di instansi pemerintahan Kabupaten, yakni Jupri dan Miki. Pada awalnya panitia pemilihan BPD Dusun Air Gemuruh membuat peraturan yang tidak memperbolehkan adanya tenaga Honorer Pemerintahan yang menjadi anggota BPD.

Salah satu anggota BPD keterwakilan wilayah Kampung Lintas Indah yang merupakan kesatuan wilayah Dusun Air Gemuruh, Jupri, menjabat anggota BPD Dusun Air Gemuruh saat ini tanpa melalui proses penyaringan dan penjaringan, dengan sistem pemilihan yang ditentukan oleh panitia. (Ruslan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here