Beranda Daerah Diduga Tak Berijin, Tambang Sirtu Trisula Tetap Beroperasi

Diduga Tak Berijin, Tambang Sirtu Trisula Tetap Beroperasi

68
0
RSUD Tobelo

Kediri, Jawa Timur

Penegakan Hukum (Gakkum) Illegal Mining di Jawa Timur sepertinya perlu ditingkatkan dan menjadi tanggungjawab bersama para stakeholder yang ada Wilayah dan Daerah. Jelas hal ini memerlukan sinergitas dan atensi khusus dari para Aparat Penegak Hukum (APH) terkait, karena selain merusak alam, aktivitas ini berpotensi merugikan negara.

Seperti halnya yang tim temukan di wilayah Dusun Pulerejo, Desa Trisula, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Meskipun tak kantongi ijin, aktivitas penambangan pasir batu (sirtu) milik H, tetap beroperasi dan berjalan normal tanpa ada hambatan. Terbukti dari hasil pantauan tim, Sabtu (6/2/2021), di lokasi tersebut masih terdapat beberapa alat berat jenis Exacavator yang sedang berkerja dan beberapa dump truck yang siap mengangkut hasil tambang.

Bermodal koordinasi, loby dan atensi menjadikan aktivitas penambangan illegal itu tidak tersentuh hukum dan berjalan lancar, aman tanpa ada kendala apapun. Hal itu disampaikan langsung oleh H, selaku pelaksana lapangan kepada tim, dan H juga mengaku bahwa dirinya bekerja tidak sendirian, dia juga dibantu oleh G, yang bertugas untuk melakukan koordinasi, loby, dan atensi kepada APH dan semua kegiatan ini dibiayai oleh SLG, pendana dari Surabaya.

“Saya disini hanya pelaksana lapangan aja mas, masih ada bos saya yang mendanai ini semua. Masalah keamanan untuk Polda, Polres, sudah aman mas, kita sudah koordinasi melalui G, yang bagian loby dan atensi,” terang H.

Ditempat dan waktu yang berbeda, Kasat Reskrim Polres Kediri, AKP Gilang Akbar, saat dikonfirmasi terkait aktivitas tambang Trisula, senin (8/2/2021), melalui pesan whatsApp menyatakan, “Harusnya tutup pak karena tidak berijin, anggota saya sudah berangkat ke lokasi untuk melakukan penindakan”.

Saat disinggung terkait loby dan atensi yang dilakukan “G” untuk pengamanan aktivitas tambangnya, Alumnus Akpol 2008 dengan tegas menyatakan, “Tidak betul itu, Mas”. (Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here