Beranda Bhayangkara Dirpolairud Polda Aceh Masih Selidiki Kapal Asing Yang Ditemukan Di Nagan Raya

Dirpolairud Polda Aceh Masih Selidiki Kapal Asing Yang Ditemukan Di Nagan Raya

195
0

Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Dirpolairud) Polda Aceh, terus melakukan penyelidikan terhadap kapal asing yang berada di Nagan Raya Aceh. Kapal tersebut diduga milik negara asing, Srilangka.

Kondisi kapal juga tidak ada sarana komunikasi termasuk alat navigasi tidak ada didalamnya. Sementara sejumlah nelayan yang pertama melihat kapal tersebut juga telah dimintai keterangannya untuk penyelidikan, termasuk kapal sudah kita amankan. “Dirpolairud Polda Aceh, Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro”

Banda Aceh | Dirpolairud Polda Aceh, Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro, kepada awak media menjelaskan kini pihaknya terus melakukan penyelidikan terhadap kapal asing itu, Rabu (17/06/2020)

“Tetap, kita terus lakukan penyelidikan terhadap kapal yang diduga milik negara asing itu. Karena, kita juga belum tahu apakah benar, kapal tersebut berasal dari negara Sri Langka,” kata Kombes Jemmy.

Kombes Jemmy menambahkan, kapal tersebut ditemukan oleh masyarakat nelayan di perairan pantai barat Aceh pada tanggal 02 Juni 2020, saat ditemukan nelayan kapal tersebut dalam keadaan kosong tanpa ada dokumen apa pun.

“Pada saat ditemukan kapal itu dalam keadaan kosong, tidak ada awak kapal disana. Kemudian apapun dokumen juga tidak ditemukan, maka sedikit kesulitan untuk mengetahui asal-usul kapal,” tandasnya.

Lebih jauh Kombes Jemmy menerangkan, kapal penangkapan ikan terlihat oleh nelayan terombang-ambing di sekitar perairan laut barat selatan Aceh yang berjarak sekitar 50 mil dari pantai ujung raja, Nagan Raya, Aceh.

Bahkan, kondisi kapal sudah mengeluarkan bau tak sedap dari bau ikan yang sudah membusuk. Selain ikan yang sudah busuk, kemudian jaring ikan yang didalam kapal juga telah pada rusak.

“Kondisi kapal juga tidak ada sarana komunikasi termasuk alat navigasi tidak ada didalamnya. Sementara sejumlah nelayan yang pertama melihat kapal tersebut juga telah dimintai keterangannya untuk penyelidikan, termasuk kapal sudah kita amankan,” terangnya.

“Kapal ikan asing yang bernama Sea Agle Chlana Boat Yard Rajgama, kini berada di sekitar hutan bakau di Gampong (Desa) Deah Glumpang, Kecamatan Meraksa Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh,” tutup Kombes Pol Jimmy Rosdianyoro.

Reporter : Jalaluddin Zky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here