Beranda Daerah Ditlantas Polda Jabar Laksanakan Road Safety Partnership Action Dengan 5 Pilar Di...

Ditlantas Polda Jabar Laksanakan Road Safety Partnership Action Dengan 5 Pilar Di Wilayah Purwakarta

117
0

Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Barat (Jabar), bersinergi dengan jajaran 5 (lima) Pilar di wilayah Kabupaten Purwakarta, antara lain Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum & Bina Marga, Badan Pembangunan Daerah, Satuan Polisi Pamong Praja, dan ORGANDA melaksanakan Road Safety Partnership Action di wilayah Polres Purwakarta.

Purwakarta, BU – Kawasan pusat kota sepanjang jalan Jend. Sudirman menjadi salah satu pilot project Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL).

“Jalan Jend. Sudirman sepanjang 2 kilometer masuk Kawasan Tertib Lalu Lintas,” ujar Kasat Lantas Polres Purwakarta, AKP Ricky di lokasi KTL, Senin (16/9/2019).

Untuk mewujudkan program tersebut, kita bersinergi dengan 5 pilar, dan mengajak peran serta masyarakat, “tegas Ricky.

Menurut Kasi Manajemen Operasi Rekayasa Subdit Keamanan & Keselamatan Ditlantas Polda Jabar, Kompol Eka Permatasari, untuk terwujudnya Kawasan Tertib Lalu Lintas di Purwakarta sebagai pilot project yang akan diperlombakan ke tingkat Mabes Polri, dan perlu ada peningkatan marka dan rambu-rambu lalu lintas, karena merupakan persyaratan wajib.

“Targetnya adalah, keselamatan dalam berlalu lintas dan meminimalisir tingkat kecelakaan lalu lintas. Ini bukan hanya tugas Polisi dan 5 pilar, tetapi semua masyarakat pengguna jalan raya,” jelas Eka.

Pihaknya juga mengapresiasi kebijakan Pemerintah Kabupaten Purwakarta yang menerapkan jam masuk sekolah pukul 6 pagi.

“Itu salah satu solusi mengurai kemacetan, di jam sibuk orang berangkat ke tempat kerja. Jadi tidak bentrok dengan siswa menuju sekolah,” ucapnya.

Kepala Dinas Perhubungan Purwakarta, Drs. H. Saepudin, Msi yang dimintai tanggapan mengatakan, telah memperbaharui rambu-rambu lalu lintas, termasuk marka jalan. “Selain itu kita menurunkan petugas di lapangan dari mulai pukul 6 pagi,” ungkap nya.

“Untuk wilayah Jawa Barat terdapat 22 wilayah yang sudah memiliki Kawasan Tertib Lalu Lintas, dan sudah berjalan optimal sejak tahun 2011, harus ada upgrading dan pengecekan untuk wilayah tersebut,”tutup Eka. (JDD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here