DPRD Melawi Setujui Perubahan APBD 2019 Sebesar Rp 1,2 Trilyun

0
2

Sebanyak 25 anggota DPRD Kabupaten Melawi dari total 30 anggota yang terdiri dari 7 fraksi menyetujui Raperda Perubahan APBD 2018 sebesar Rp 1,2 Trilyun dalam Rapat Paripurna XIII masa sidang I di Gedung DPRD Melawi, Kamis (31/10/2019).

Nanga Pinoh, BU Sebelumnya DPRD menggelar rapat paripurna secara maraton guna mengejar ketuk palu APBD Perubahan tersebut. Di antaranya, rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Melawi, Hendegi Januardi UY mengagendakan empat agenda.

Agenda penyampaian Pendapat Akhir Fraksi tentang Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2018, Persetujuan DPRD Melawi atas Raperda pelaksanaan APBD 2018, persetujuan DPRD Melawi dan penandatanganan nota kesepahaman Bersama tentang rancangan KUA PPAS Perubahan APBD 2019 serta penyampaian nota keuangan perubahan RAPBD 2019.

Banyaknya agenda tersebut sekaligus menepis dugaan yang berkembang di masyarakat bahwa tidak ada APBD Perubahan 2019.

DPRD bersama Pemerintah Kabupaten Melawi bergerak cepat melakukan pembahasan bersama. Harapannya, APBD Perubahan bisa terkejar dari batas waktu  yang diberikan pemerintah Provinsi Kalbar, yakni 31 Oktober 2019.

“Kita bahas tetap sesuai prosedur dan ketentuan serta semaksimal mungkin untuk menyelesaikan APBD perubahan ini,” ujar Ketua DPRD Melawi, Widya Hastuti.

Ia juga menandaskan pihak DPRD tidak akan melangkahi prosedur yang ada untuk membahas perubahan APBD Melawi. DPRD Melawi menggelar paripurna sejak Jumat (25/10/2018), dimulai dengan pembahasan KUA PPAS.

KUA PPAS APBD perubahan yang disampaikan Wakil Bupati Melawi, Dadi Sunarya. Draf tersebut KUA memuat rencana pendapatan daerah sebesar Rp 1,167 triliun atau turun satu persen dari pendapatan daerah dalam APBD murni 2019 yang ditetapkan sebesar Rp 1,173 triliun.

“APBD perubahan berkurang Rp 5,9 miliar karena berkurangnya Pendapatan Asli Daerah serta dana perimbangan,” ujarnya.

BACA JUGA :  DPRD Melawi Gelar Paripurna Pandangan Umum Fraksi LPJ Pelaksanaan APBD 2018

Dadi melanjutkan, PAD Melawi dalam APBD murni 2019 ditetapkan sebesar Rp 41,126 miliar. Setelah perubahan PAD turun menjadi Rp 40,787 miliar atau berkurang Rp339 juta.

Akhirnya, batas waktu yang ditentukan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat untuk Persetujuan APBD Perubahan Kabupaten Melawi pun bisa dicapai, dengan total APBD Perubahan sekitar Rp 1,2 Trilyun. (Elisabet)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here