Beranda Daerah Dugaan Spekulasi Takaran Uji Tera, Bupati Halut Minta Uji Tera Ulang Tangki...

Dugaan Spekulasi Takaran Uji Tera, Bupati Halut Minta Uji Tera Ulang Tangki Ukur Mobil (TUM)

33
0

Tobelo, Halut

Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara menggelar Rapat Kordinasi (Rakor) bersama kepala Depot Pertamina dan perwakilan PT. Elnusa Tobelo, menanggapi keluhan dari pemilik Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) tentang stok suplay BBM yang tidak sesuai dengan TERA.

Rapat Kordinasi dipimpin oleh Bupati Frans Maery, di dampingi asisten III Yudihard Noya, Kadis Perindag Nyoter Koenoe, Kaban Kesbangpol F. N. Sahetapy dan dihadiri oleh Fuel Manager Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Tobelo, Yulius Akim bersama perwakilan PT. Elnusa, Selasa (15/3/2022).

Bupati Halmahera Utara, Frans Manery mengatakan bahwa pertemua hari ini adalah menyikapi isu kelangkaan BBM di Kabupaten Halmahera Utara dan keluhan pemilik Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (BBM) yang tidak sesuai dengan ukuran TERA hingga menimbulkan kerugian 10 hingga 20 ton perbulannya.

“Ini sangat merugikan konsumen khususnya pemilik SPBU,” kata Frans.

Frans meminta dinas/instansi terkait agar segera melakukan Uji Tera Ulang Tangki Ukur Mobil (TUM). “Tera dan tera ulang berdasarkan Permendag nomor 67 tahun 2018, tentang UTTP wajib tera dan tera ulang dan TUM termasuk UTTP wajib tera dan tera ulang dgn jangka waktu tera ulang per 2 tahun,” ujar Frans.

Hal ini harus dilakukan untuk memastikan kebenaran takaran BBM pada TUM sebelum sampai ke SPBU dan masyarakat demi melindungi konsumen dari dugaan praktik-praktik manipulasi yang dilakukan baik dari sisi teknis maupun oknum-oknum yang sengaja mencari keuntungan.

“Saya juga mengharapkan agar ketersediaan BBM
jenis Dexlite, Partamax, Pertalite dan Minyak Tanah cukup di bulan Suci Ramadhan, demi mencukupi kebutuhan masyarakat di Halut,” tegasnya.

Sementara itu, Kadis Perindag Halut, Nyoter Koenoe menjelaskan, “Sebagai dinas instansi terkait kami meminta kepada Fuel Manager Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Tobelo Yulius Akim bersama perwakilan PT. Elnusa agar menjadawalkan waktu untuk sama-sama kita melakukan uji TERA ulang”.

Fuel manager Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Tobelo, Yulius Akim mengatakan, pihaknya akan melakukan kordinasi dengan dinas terkait. “Dalam waktu dekat kita akan melakukan Uji TERA Ulang demi memastikan kebenaran takaran BBM,” ujar Yulius. (Roby Pangemanan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here