Ende Deklarasikan Pemilu Damai Tahun 2024, Wujudkan Pemilu Damai dan Demokratis

0
44

Deklarasi Pemilu damai Tahun 2024 tingkat Kabupaten Ende dengan tema “Kami Seluruh Komponen Bangsa di Kabupaten Ende, Siap Mewujudkan Pemilu Damai dan Demokratis dari Ende Untuk Indonesia”.

Ende, NTT || Kegiatan deklarasi Pemilu damai tahun 2024 tingkat Kabupaten Ende, dilaksanakan pada Selasa (14/11/2023), bertempat di Aula Kodim 1602 Ende, dihadiri oleh Wakil Bupati Ende, Erikos Emanuel Rede, Ketua DPRD Kabupaten Ende, Fransiskus S. Taso, S. Sos, Dandim 1602 Ende, Letkol Kav I Nenga Pendi, S.Ip., Kapolres Ende, AKBP I Gede Ngurah Joni M., SH., S.I.K., M.H., Wakil Ketua Pengadilan Negeri Ende, Ana Agung Ngura Budi, S.H., M.H., Wakapolres Ende, Kompol Ahmad, S.H., Ketua Bawaslu Kabupaten Ende, Basilius Wena, S.H., Ketua Divisi SDM KPU Kabupaten Ende, Izmir Rizaldi, S.Pd., para PJU Kodim 1602 Ende, para PJU Polres Ende, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda serta para Ketua Parpol peserta Pemilu tahun 2024.

Sambutan Ketua KPU Kabupaten Ende yang diwakili oleh Ketua Divisi SDM KPU KabupatenEnde menyampaikan, bahwa pelaksanaan Pemilu tahun 2024 telah melalui beberapa proses tahapan yang telah dilakukan oleh Penyelenggara Pemilu. Pemilihan umum merupakan representasi dari sistem demokrasi keterwakilan yang memungkinkan masyarakat untuk berpartisipasi langsung memilih pemimpin atau wakil rakyat untuk menduduki jabatan politik, baik di tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional serta Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Pemilihan umum sendiri bertujuan untuk menciptakan sistem pemerintahan yang berlandaskan pada kehendak rakyat dengan menjaga prinsip-prinsip demokrasi, mendorong partisipasi politik warga negara dan memastikan bahwa pemimpin yang terpilih mewakili kepentingan dan aspirasi masyarakat secara luas. Pemilu yang adil, bebas, dan transparan sangat penting dalam menjaga integritas dan legitimasi demokrasi bangsa Indonesia.

Sementara, Dandim 1602 Ende yang pada intinya menyampaikan, bahwa tujuan dari pelaksanaan deklarasi damai ini untuk menjaga Kamtibmas di wilayah Kabupaten Ende agar semua tahapan dalam Pemilu tahun 2024 dapat berjalan dengan damai. Harapannya agar semua pihak dapat menjadikan deklarasi ini sebagai wujud persaudaraan dalam Pemilu tahun 2024 di wilayah Kabupaten Ende dan TNI-Polri siap mengamankan Pemilu tahun 2024 sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sedangkan Kapolres Ende dalam sambutannya menyampaikan pesan Pemilu, bahwa pelaksanaan deklarasi damai ini sebagai wujud nyata dan komitmen pihak keamanan dalam menjaga situasi di wilayah Kabupaten Ende dan TNI-Polri akan menjaga netralitas dari proses awal Pemilu sampai tahapan akhir pemilu tahun 2024. Untuk itu dengan Deklarasi ini agar semua pihak dapat menjaga situasi yang kondusif di wilayah Kabupaten Ende, agar pesta demokrasi ini dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses.
Sambutan Bupati Ende, yang diwakili oleh Wakil Bupati Ende, Erikos Emanuel Rede, pada intinya menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada pihak keamanan yang telah menjadikan momen hari ini dalam bentuk deklarasi damai sebagai bentuk untuk menjaga situasi di wilayah Kabupaten Ende dalam Pemilu tahun 2024.

Kepada KPU dan Bawaslu yang diamanat oleh Negara sebagai Penyelenggara dan Pengawas Pemilu harus tetap menjalankan semua proses sesuai dengan regulasi yang telah diatur dalam undang-undang Pemilu, sehingga Pemilu di Kabupaten Ende dapat berjalan dengan aman, untuk menghasilkan Pemimpin yang baik sesuai dengan amanah dari masyarakat Kabupaten Ende.

Usai sambutan dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi damai oleh Ketua Bawaslu Kabupaen Ende, dengan Narasi Deklarasi Damai antara lain;
– Siap melaksanakan Pemilu tahun 2024 yang Damai dan sejuk untuk mewujudkan Demokrasi yang bermartabat.

– Siap mematuhi dan mentaati segala bentuk peraturan dan ketentuan yang berlaku serta menyelesaikan permasalahan Pemilu tahun 2024 sesuai dengan koridor hukum.
– Siap menolak upaya yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat dan menghindari kegiatan provokatif, menghasut, ujaran kebencian serta tidak menggunakan issu sara dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2024.

– Siap menciptakan situasi dan kondisi tetap sejuk di Kabupaten Ende serta terus bersinergi dengan TNI-Polri dalam upaya menjaga stabilitas keamanan.

Selesai pembacaan Deklarasi Damai Pemilu tahun 2024, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi damai oleh unsur Forkopimda Kabupaten Ende, Ketua KPU dan Bawaslu Kabupaten Ende, para Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat serta para Ketua Partai Politik peserta Pemilu tahun 2024. (Damianus Manans)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here