FPBK Ende Distribusikan Bantuan untuk Pengungsi Gunung Lewotobi

0
32

Forum Peduli Bencana Kabupaten Ende (FPBKEnde) mendustribusikan langsung bantuan kemanusiaan untuk pengungsi korban erupsi gunung Lewotobi Laki-Laki di Kabupaten Flores Timur, NTT.

Ende, NTT // Forum Peduli Bencana Kabupaten Ende (FPBKEnde) yang terdiri dari, RRI Ende, Jurnalis Ende Bersatu (JEB), Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), OMK Paroki St. Yosep Onekore dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ende, Mendistribusikan bantuan kemanusiaan untuk pengungsi korban erupsi Gunung Lewotobi laki-laki di Kabupaten Flores Timur (Flotim), Nusa Tenggara Timur, Minggu (14/1/2024).

Bantuan kemanusiaan itu dalam bentuk bahan makanan pokok dan kebutuhan lainnya. Bantuan kemanusiaan dari Ende itu hasil dari aksi penggalangan dana di lapangan dan donasi dari perorangan, instansi pemerintah dan swasta yang dilakukan oleh relawan yang tergabung dalam FPBKEnde tersebut.
Selama sepekan FPBKEnde melakukan kegiatan penggalangan dana dan membuka posko di Aula LPP RRI Ende, dijalan Durian sejak Sabtu, 6 Januari 2024 hingga Sabtu, 13 Januari 2024.

Puluhan juta rupiah terkumpul dan termasuk bahan makanan seperti sayur, buah dan beras. Sayur dan buah adalah donasi dari para petani di wilayah Desa Golulada, Detusoko dan Nuamuri di Kecamatan Kelimutu.

Pemerintah Kabupaten Ende pun ikut andil memberikan sarana transportasi berupa 2 (dua) unit mobil untuk distribusi bantuan ke posko pengungsi di Kabupaten Flores Timur, termasuk mobil Dinsos Ende yang berisikan bantuan berupa bahan-bahan makanan dari Pemkab Ende.

Bencana Alam yang menimpah saudara-saudara kita di Kabupaten Flotim, menggugah para Jurnalis, aktivis OKP, aktivis gereja dan pejuang kemanusiaan di Kabupaten Ende bergerak untuk korban erupsi Gunung Lewotobi di Flores Timur dengan mengumpulkan donasi untuk meringankan beban penderitaan saudara-saudara kita di Kabupaten Flores Timur (Flotim).
Tak hanya itu saat beberapa orang muda yang peduli dan mulai merencanakan aksi kemanusiaan tersebut, semua elemen tersebut hadir ditengah-tengah mereka untuk memberikan motivasi.

Mereka rela meninggalkan keluarga, dan urusan pribadinya serta tugas untuk bergerak membantu meringankan beban sesama saudara di Flores Timur.

Di tengah-tengah para relawan dan pengungsi erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di posko Desa Pululera, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, FPBKEnde berbaur bersama pengungsi untuk menghibur dan memberikan semangat kepada mereka.

Tak terlepas, peran OMK Paroki St. Yosep Onekore Ende juga turut hadir memberikan semangat dan menghibur anak-anak pengungsi di posko pengungsian di Desa Pululera, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur. Meski dalam suasana duka, nampak para pengungsi ini terutama anak-anak merasa terhibur dan senang dengan kehadiran FPBKEnde.

Elemen yang tergabung dalam FPBKEnde untuk korban erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki antara lain LPP RRI Ende, Jurnalis Ende Bersatu, HMI Cabang Ende, OMK Paroki St Yosef Onekore, Ekraf Moni, AMAN Nusa Bunga, Perhimpunan Mahasiswa Elar Selatan di Ende dan Solidaritas Masyarakat Ende Peduli Bencana. (Damianus Manans)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here