Beranda Daerah Guna Mencerdaskan Bangsa, Kejati Aceh Masuk Sekolah Untuk Membentuk Karakter Manusia Sadar...

Guna Mencerdaskan Bangsa, Kejati Aceh Masuk Sekolah Untuk Membentuk Karakter Manusia Sadar Hukum Bagi Generasi Muda

182
0
Selamat Hari Jadi Kabupaten Sukabumi Yang Ke -151

Sabang, Aceh

Untuk membentuk karakter dan kesadaran hukum generasi muda yang tangguh, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh, melaksanakan program Jaksa Masuk Sekola. Hal tersebut dilakukan Kejati Aceh, agar siswa-siswi sekolah tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dapat memahami ilmu hukum sejak dini.

Seperti yang digelar oleh Kejati Aceh pada Selasa, tanggal 15 Desember 2020, di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Kota Sabang, pada kegiatan tersebut diberikan pemahaman hukum bagi siswa-siswi SMA sederajat se-Kota Sabang, supaya ilmu hukum sudah tertanam sejak dibangku sekolah. Pemateri pemahaman hukum itu sendiri terdiri dari Kasi Penerangan Hukum Kejati Aceh, H. Munawal Hadi, SH., MH., Kasubsi Penkum Kejati Aceh, Siara Nedy, SH., dan Satgas Intelijen Kejati Aceh, Novid Irwansyah, SH.

Kasi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh, H. Munawal Hadi, SH., MH., kepada media ini Selasa (15/12/2020) mengatakan, “Negara kita Republik Indonesia merupakan negara hukum, maka setiap orang berkewajiban mentaati hukum itu sendiri”.
Jadi, dalam penerapannya perlu dilakukan upaya-upaya mulai dari usia sekolah, agar penanaman ilmu hukum sudah tumbuh bagi generasi muda sejak dari bangku sekolah, sehingga diharapkan dapat menjadi pesan-pesan hukum di lingkungan keluarga dan masyarakat sekitar.

“Kegiatan Jaksa Masuk Sekolah tujuannya adalah supaya generasi muda memahami hukum sejak dini, sebagai upaya membentuk karakter dan kesadaran hukum bagi siswa-siswi SMA sederajat, dengan harapan dapat menjadi benih pelaku kesadaran hukum dilingkungan masyarakat,” kata H. Munawal Hadi, SH., MH.

H. Munawal menjelaskan, pelaksanaanJaksa Masuk Sekolah untuk memberi pemahaman hukum sejak dini bagi siswa-siswi tingkat SMA sederajat, kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Dinas Pendidikan Aceh dengan Kejaksaan Tinggi Aceh. Sasaranya, agar kawula muda di zaman milenial ini mengerti betapa pentingnya hukum itu.

“Kegiatan Jaksa Masuk Sekolah ini merupakan hasil kerjasama Dinas Pendidikan Aceh dengan Kejaksaan Tinggi Aceh, dalam rangka merealisasikan program pemerintah untuk mencerdaskan bangsa, khususnya bidang ilmu hukum di lingkungan sekolah,” jelas H. Munawal Hadi, SH., MH.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Kota Sabang, Abdul Hamid, S.Pd., M.Pd., menyambut baik pelaksanaan kegiatan Kejati Aceh dalam program Jaksa Masuk Sekolah. Dimana siswa-siswi SMA sederajat harus memahami ilmu hukum sebagai salah satu pelajaran penting dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya pikir ini merupakan kegiatan yang sangat mulia dan penuh arti bagi siswa-siswi tingkat SMA sederajat yang ada di Kota Sabang, dengan adanya Jaksa Masuk Sekolah, maka anak-anak sudah ada dasar ilmu hukum yang tertanam dalam dirinya,” ungkap Abdul Hamid, S.Pd, M.Pd.(Jalaluddin Zky).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here