Beranda Daerah Hari Jadi Jabar, Kang Emil : Sampaikan Pembangunan, Penanganan Covid-19 Dan Pemulihan...

Hari Jadi Jabar, Kang Emil : Sampaikan Pembangunan, Penanganan Covid-19 Dan Pemulihan Ekonomi

76
0

Sukabumi, Jabar

Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri bersama Forkopimda mengikuti upacara peringatan Hari Jadi ke-76 Provinsi Jawa Barat secara virtual dari Pendopo Sukabumi, Kamis (19/8/2021).

Upacara dipimpin Gubernur Jawa Barat, H.M. Ridwan Kamil. Dalam amanatnya Gubernur mengatakan, perayaan hari Jadi ke-76 Pemerintah Provinsi Jabar ini sangat bermakna sekaligus penuh keprihatinan. Bermakna, karena hari Jadi Pemprov Jabar berselang dua hari dari HUT RI. Namun prihatin, sebab perayaan kali ini dalam suasana pandemi Covid-19.

“Memaknai semua itu, kita harus tetap bersemangat, berinovasi, dan berkolaborasi dalam menjalankan roda pembangunan. Terus bersama dalam menanggulangi Covid-19 dan semangat dalam pemulihan ekonomi daerah,” ujarnya.

Selama ini, pembangunan di Jabar secara makro indikatornya baik. Indek pembangunan manusia (IPM) di 2020 naik menjadi 72,09 poin dari sebelumnya 72,03 poin.
“Bahkan investasi di Jabar hampir setara dengan sejumlah negara di Asean,” ucapnya.
Dalam penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi, Jawa Barat mendapatkan berbagai apresiasi, diantaranya test swab PCR. Jabar merupakan provinsi pertama yang melaksanakannya, termasuk aplikasi Pikobar yang mendapatkan pernghargaan internasional.

Sejumlah perusahaan di Jawa Barat pun memproduksi alat pelindung diri (APD). APD ini banyak diekspor ke negara lain. Bersama perguruan tinggi, berhasil membuat inovasi, salah satunya ventilator yang diapresiasi PBB.

“Selain itu, vaksinasi per hari di Jabar sangat tinggi mencapai 200ribu/hari, ini terbanyak se-Indonesia. Makanya, kami targetkan akhir 2021 warga Jabar tervaksin semua,” terangnya.

Tak hanya itu, Pemprov Jabar pun terus menanggulangi pandemi Covid-19 dengan berbagai upaya. Mulai dari PPKM, merekrut relawan rumah sakit darurat, penambahan tempat tidur untuk pasien Covid-19 menyediakan pusat isolasi terpusat di desa/ kelurahan, hingga menyediakan posko oksigen.

“Hasilnya, Covid-19 di Jabar terus berangsur turun. Kesembuhannya sangat tinggi dan keterisian tempat tidur rumah sakit tinggal 27 persen,” bebernya.

Dari sisi ekonomi, Pemprov Jabar terus memaksimalkan ekonomi digital, makro dan, menengah. Apalagi, terdapat beberapa sektor yang tangguh selama pandemi Covid-19.
“Ekonomi pangan dan digital terus kita dorong. Termasuk kita menyalurkan bansos ke masyarakat, memberi keringanan pajak, dan lainya. Berkat berbagai upaya itu, kita terbebas dari jurang resesi,” paparnya.

Kang Emil mengajak seluruh Bupati/Wali kota di Jabar mengikuti langkah baik pelayanan kepada masyarakat. Termasuk kepada para ASN di Jabar untuk terus menampilkan kinerja terbaiknya berdasar kepada integritas, melayani sepenuh hati, dan profesionalisme.

Dalam kesempatan tersebut, H. M. Ridwan Kamil berterimakasih kepada semua pihak yang telah bahu membahu untuk Jabar, terutama kepada tenaga kesehatan, ASN, TNI-Polri, dan Kepala daerah yang menjadi pemegang komando di daerah masing-masing.

“Terimakasih atas semua dedikasi, kontribusi, dan perjuangannya untuk Jabar. Kuatkan kebersamaan untuk Jabar Juara,” pungkasnya.

Sementara itu, H. Iyos mengatakan, Kabupaten Sukabumi terus berakselerasi dalam penanggulangan pandemi Covid-19 dan ekonomi. Hal itu pun telah membuahkan hasil dengan penurunan kasus Covid-19 di Kabupaten Sukabumi.

“Alhamdulillah, Kabupaten Sukabumi terus menurun dalam kasus Covid-19. Semoga terus melandai,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, H. Iyos mengucapkan selamat hari jadi ke-76 Provinsi Jawat Barat. Dirinya berharap, Jawa Barat cepat meraih Jabar juara. (Ludy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here