Beranda Angkatan Darat Hari Pertama Idul Adha : “Warga Dusun Desa Mangkubumi Sembelih 2 Ekor...

Hari Pertama Idul Adha : “Warga Dusun Desa Mangkubumi Sembelih 2 Ekor Sapi”

120
0

Bentuk ketaatan terhadap agama bagi orang muslim yang telah mampu melaksanakan pemotongan hewan kurban, sudah menjadi agenda rutin tahunan yang yang di laksanakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Adapun  dalam pelaksanaannya dilakukan setelah Sholat Idul Adha.

“Untuk mencegah terpaparnya wabah corona di wilayah , menekankan pada pihak panitia untuk taat dan patuh pada protokol covid,” – Opda Singgih, Bhabinsa Desa Mangkubumi –

Ciamis, Jabar |BU| Seperi halnya yang dilakukan masyarakat muslim di lingkungan RT 1 dan RT 2 di Dusun Desa, Desa Mangkubumi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis, di hari pertama masyarakat menggelar pemotongan hewan sapi kurban, Jumat (31/07/2020).

Ketua panitia kegiatan, Dudung Kurniawan di tengah kesibukannya saat di wawancarai media di tempat pemotongan di sekitar halaman Masjid Jami Al-Ikhlas mengatakan, “Saat ini di wilayah lingkup RT 1 dan RT 2 sebanyak 14 orang menyerahkan hewan sapi kurban sebanyak 2 ekor kepada pihak panitia untuk di sembelih dan di bagikan pada masyarakat yang berhak menerima, seperti fakir miskin dan yang lainnya,” tuturnya.

Di katakan Dudung, setiap tahunnya kegiatan ini rutin di laksanakan diwilayahnya. “Di tahun 2019 sebanyak 3 ekor Sapi dan Tahun ini ada 2 ekor Sapi,” terangnya.

Pihak panitia sesuai amanah dari mereka yang melaksanakan ibadah kurban, akan menjalankannya sesuai dengan syariat agama serta membagikan dagingnya kepada warga. Adapun pembagiannya di serahkan langsung oleh panitia kepada penerima. Hal itu di lakukan bentuk upaya dalam penerapan protokol covid serta dalam rangka mencegah terpaparnya virus corona.

“Masyarakat penerima daging sapi kurban tetap di rumah, panitia yang mengantarkan,” jelasnya.

Ia mengucapkan, “terimakasih kepada yang telah mempercayakan pada panitia dalam pelaksanaan penyembelihan dan pembagian daging kurban serta berharap pengorbanan masyarakat yang melaksanakan ibadah kurban mendapatkan balasan kebaikan dari Allah SWT,” harapnya.

Di tempat terpisah Bhabinsa Desa Mangkubumi, Opda Singgih DS, kepada media mengatakan, “Sebagai daerah binaanya dalam rangka menjaga serta memastikan wilayah tetap aman dan kondusif, selalu menghimbau kepada warga untuk tetap waspada,” ujarnya.

Berkaitan dengan pelaksanaan  pemotongan hewan sapi kurban jauh hari pada panitia telah mengingatkan untuk selalu menerapkan protokol covid dalam kegiatan apapun termasuk saat pemotongan dan pembagian daging kurban karena wilayah kabupaten Ciamis saat ini sedang menerapkan Adaptasi Kebiasan Baru (AKB).

Opda Singhih menjelaskan, saat ini pelaksanaan Sholat Idul Adha 1441H dan pelaksanaan pemotongan hewan kurban dilakukan di saat pandemi covid-19.

“Untuk mencegah terpaparnya wabah corona di wilayah , menekankan pada pihak panitia untuk taat dan patuh pada protokol covid,” tandasnya.

Dari pantauannya, “Alhamdulillah dalam pelaksanaan pembagian hewan sapi kurban, panitia maupun masyarakat yang menghadiri menerapkan protokol covid seperti memakai masker dan jaga jarak, selama kegiatan berjalan dengan aman dan kondusif,” pungkasnya. (Muhamad Rifa’i)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here