Beranda TNI Ini Pesan Danramil Ciamis Pada Peserta Kegiatan Deteksi Dini

Ini Pesan Danramil Ciamis Pada Peserta Kegiatan Deteksi Dini

8

Kesbangpol Kab. Ciamis menggelar kegiatan penguatan deteksi dini dan cegah dini di daerah terhadap gangguan keamanan, ketentraman dan ketertiban di wilayah kabupaten Ciamis, di Gedung Galuh Karya Rahayu Ciamis, Rabu (19/02/2020).

Ciamis, Jabar | Kegiatan dihadiri oleh Wabub Ciamis Yana D Putra, Asisten 1 Ika Darmaiswara, Kepala Kesbangpol Drs. H. Sukendar M.Si, Dandim 0613 Ciamis diwakili oleh Danramil 1301 Ciamis Mayor Arh Wilde P, Kapolres Ciamis diwakili oleh KBO Intelkam Polres Ciamis Ipda Rahmat Komara SH, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama Pokja 1 PKK dan tamu undangan lainya.

Danramil 1301 Ciamis Mayor Arh Wilde P mengawali kegiatannya dengan melakukan pemutaran Film Latihan Gabungan TNI 2019.

Dalam pemaparannya yang intinya mengatakan. Sejarah Perjuangan Bangsa di raih bukan dengan serta merta, tetapi kemerdekan diraih dengan jerih payah hingga tetes darah penghabisan dan nyawa.

“Dulu kita pernah dijajah oleh Belanda selama 350 tahun, dijajah oleh Jepang 3,5 tahun, terjadinya perlawanan di daerah menurut Wilde itu karena adanya Bela Negara, Bela Negara adalah sikap dari Warga Negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI,” tuturnya.

Dikatakan Wilde, kenapa kita harus membela Negara, “Dasar Hukum Bela Negara pasal 27 ayat 3 UUD 1945 setiap Warga Negara berhak dan wajib dalam upaya pembelaan Negara,” terangnya.

Di paparkan Wilde, ada 5 Nilai Dasar bela negara yaitu, Cinta tanah air, Sadar Berbangsa dan Bernegara, Yakin pada Pancasila sebagai Idiologi Negara, Rela berkorban untuk Bangsa dan Negara (Disiplin waktu, jiwa raga, berbakti tanpa pamrih) dan Memiliki kemampuan awal untuk Bela Negara.

Disiplin,ulet, kerja keras, percaya akan kemampuan sendiri, jujur dan bertanggung jawab (Fisik), kesehatan keterampilan yang dapat mendukung kemampuan awal belanegara yang bersifat Psikis

BACA JUGA :  Kapten Inf Tri Sakti Kristiyoso Jadi Inspektur Upacara di SMKN 3 Surakarta

Di akhir pemaparannya Wilde menekankan untuk menumbuh kembangkan wawasan kebangsaan dan bela negara, NKRI Harga Mati.

Wilde berharap dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan sehingga tidak terjadi perpecahan,” pungkasnya.

Facebook Comments